detikNews
2019/10/17 19:28:44 WIB

Sendang Beji, Sumber Air yang Tak Pernah Kering saat Kemarau

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Sendang Beji, Sumber Air yang Tak Pernah Kering saat Kemarau Sumber air di Sendang Beji yang tidak pernah kering meski musim kemarau, Kamis (17/10/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Keberadaan Sendang Beji di Dusun Pengkol, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul menjadi andalan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Pasalnya, selama musim kemarau sendang tersebut tidak pernah kering.

Pantauan detikcom, Sendang Beji berada di pinggir jalan Dusun Pengkol, tampak pula sebuah pohon besar di pinggir sendang tersebut. Melihat lebih dekat, ternyata terdapat sumber air di bawah pohon.

Tak hanya itu, pada sumber tersebut tampak terpasang beberapa paralon yang digunakan warga untuk mengalirkan air ke rumahnya masing-masing. Sekitar setengah jam berada di Sendang Beji, ada seorang pria mengambil air menggunakan ember di sumber tersebut.

Adalah Widodo (40), warga Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, ini ternyata mengambil air untuk berwudu sebelum menunaikan salat di masjid. Ia mengaku kegiatan tersebut hampir setiap hari ia lakukan.

"Saya kan kerjanya di dekat sini (Sendang Beji) dan setiap mau salat di masjid pasti lewat sini. Terus karena air di sendang (Beji) melimpah maka saya sekalian wudu di sini, ini sampai saya tinggal ember khusus untuk wudu di sini, jadi pakai saja kalau mau ambil air," ucapnya saat ditemui di Sendang Beji, Kamis (17/10/2019).


Widodo menjelaskan, bahwa selama tinggal di Nglipar, ia belum pernah mendapati air di sendang tersebut habis bahkan hingga kering. Ia menyebut keberadaan sumber air itu sangat membantu warga saat musim kemarau seperti saat ini.

"Dari dulu kalau musim kemarau air di sini (Sendang Beji) tidak pernah kering, paling hanya debitnya saja yang berkurang Mas. Warga juga banyak yang memanfaatkan air di sendang ini untuk kebutuhan sehari-hari, jadi ya dengan adanya sendang ini warga sangat terbantu untuk dapat air bersih," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com