detikNews
2019/10/16 15:56:14 WIB

Ojol Disebut Jadi Pemicu Pesatnya Pertumbuhan UMKM di Kota Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 2 dari 2
Ojol Disebut Jadi Pemicu Pesatnya Pertumbuhan UMKM di Kota Semarang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang FX Bambang Suranggono. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Ketua Kamar Dagang dan Industri Semarang, Arnaz Agung Andrasmara membenarkan jika keberadaan ojek online meningkatkan penjualan pelaku UMKM di Kota Semarang. Bahkan dirinya ikut membuktikan dengan menerapkan di restoran Padang miliknya.

"Di tempat saya itu 30 sampai 40 persen pendapatannya dari ojek online ini, lho," kata Arnaz.


Ia juga menceritakan mitra bisnisnya yang tadinya yakin tidak akan bermitra dengan ojek online ternyata tidak berkembang. Setelah bergabung ternyata penjualan meningkat.

"Ekosistem bisnis berbasis teknologi ini menjadikan aktivitas usaha semakin efisien. Kita berharap tren positif ini dapat terus terjaga, sehingga perekonomian di daerah seperti Semarang ini terus tumbuh positif dan berkelanjutan," pungkasnya.

Arnaz juga menyebut ekosistem bisnis itu juga berdampak pada para driver ojol karena mereka bisa menjadikan profesi ojol bukan sebagai sampingan tapi sebagai mata pencaharian utama.

"Pemerintah daerah harus terus mendukung agar iklim usaha di Semarang dapat terus melahirkan banyak pengusaha kecil. Pemerintah mestinya juga terbuka terhadap masuknya teknologi yang mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.
(alg/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com