Sampaikan Pleidoi, Pelawak Qomar Minta Pembuat SKL Palsu Dikuak

Sampaikan Pleidoi, Pelawak Qomar Minta Pembuat SKL Palsu Dikuak

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 15 Okt 2019 16:38 WIB
Pelawak Nurul Qomar menjalani sidang pembacaan pleidoi PN Brebes. (Imam Suripto/detikcom)
Pelawak Nurul Qomar menjalani sidang pembacaan pleidoi PN Brebes. (Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Sidang dugaan penggunaan surat keterangan lulus (SKL) palsu pelawak Nurul Qomar digelar dengan agenda pembacaan pleidoi hari ini. Membantah mengetahui apalagi menggunakan SKL palsu, Qomar minta pembuatnya dikuak.

"Maka ini catatan penting. Pembuatnya (SKL palsu) siapa dan harus ada korelasi antara yang buat dan yang menggunakan. Sampai hari ini tidak ada. Kami minta pertimbangkan untuk bebaskan terdakwa," ujar penasihat hukum Qomar, Furqon Nurzaman, kepada wartawan seusai sidang di PN Brebes, Selasa (15/10/2019).

Furqon menyebut barang bukti SKL palsu tersebut tidak valid.

"Ini berbeda dengan penuntut umum, bahwa Qomar tidak mengetahui SKL, apalagi menggunakan. Sudah kami katakan, barang bukti SKL itu bermasalah dan tidak valid. Perlu ditindaklanjuti siapa yang buat dan dari mana diperolehnya," urainya.


Untuk menentukan keabsahan barang bukti itu, lanjutnya, perlu keterlibatan tim ahli, misalnya diuji di laboratorium kriminal.

"Ini untuk menentukan apakah berkas barang bukti itu benar benar asli yang digunakan oleh Qomar saat mendaftar di Umus apa tidak," tegasnya.


Namun permintaan ini, kata Furqon, tidak dikabulkan. Selain tidak dilakukan uji laboratorium kriminal, dia menilai sejumlah saksi dalam sidang sebelumnya juga membantah secara fisik barang bukti itu.

Menanggapi pembelaan terdakwa, Ketua Yayasan Umus Muhadi Setiabudi tak bicara banyak.

"Semua saya serahkan ke majelis hakim," ucapnya singkat. (sip/sip)