detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 21:06 WIB

Warga Yogya Akan Gelar Pesta Budaya Sambut Pelantikan Jokowi

Usman Hadi - detikNews
Warga Yogya Akan Gelar Pesta Budaya Sambut Pelantikan Jokowi Foto: Istimewa/detikcom
Yogyakarta - Warga Yogyakarta akan menggelar pesta budaya untuk mengiringi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 di titik nol Km Yogyakarta. Pesta rakyat itu sebagai wujud syukur atas dilantiknya Jokowi-Ma'ruf.

"Kegiatan pesta budaya warga Yogya ini diinisiasi oleh Bravo 5 bersama masyarakat sipil di Yogyakarta lintas budaya, agama, dan organisasi," ujar Ketua Bravo 5 DIY, Yoyok Rumekso Setyadi, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (14/10/2019).

Bravo 5 merupakan salah satu relawan Jokowi-Ma'ruf. Mereka bersyukur pelaksanaan Pemilu 2019 mulai dari masa kampanye sampai penetapan pemenang hasil Pemilu berlangsung dengan lancar. Sebagai wujud syukur mereka akan menggelar pesta rakyat.

"Hal ini (pesta budaya warga Yogya) sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas perjalanan bangsa ini dengan segala pernak-perniknya... Di mana segala prosedur Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Ketua Pelaksana Pesta Budaya, Subkhi Ridho, menjelaskan kegiatan tasyakuran ini akan menampilkan tarian daerah, jathilan, line dance, flash mob, pembacaan puisi dan lainnya. Acara itu juga akan diisi doa kebangsaan lintas agama.

"(Kegiatan ini) diawali dengan ziarah kebangsaan pada Jumat 18 Oktober 2019 di Taman Makam Pahlawan Jalan Kusumanegara (Yogyakarta), sebagai bentuk syukur kepada para pahlawan yang sudah berjasa bagi Indonesia di masa lalu," tuturnya.

Ridho mengklaim pesta budaya warga Yogya ini tidak hanya didanai oleh relawan Bravo 5. Namun pendanaannya juga berasal dari masyarakat yang turut gembira menyambut pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih.

"Panitia membuka sumbangan tumpeng dari masyarakat hingga tanggal 20 Oktober 2019. Harapannya pesta budaya ini menjadi momentum persatuan nasional karena diselenggarakan secara gotong-royong antarseluruh komponen masyarakat," tutupnya.


(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +