Venzha, Seniman Yogya yang Pernah Ikut Simulasi Hidup di Mars

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 14 Okt 2019 20:45 WIB
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Habis ngobrol-ngobrol tentang pengalaman seni dan space science saya ditawari (MDRS), dan saya mau banget. Saat itu saya tanya syaratnya apa? dan dia bilang 'harus sehat, tidak merokok, bisa gak kamu?' saya bilang bisa, gampang itu," katanya,

Guna membuktikan janjinya kepada Yusuke, Venzha berinisiatif untuk menjual mobil dan motornya lalu membeli sepeda kayuh. Bukan tanpa alasan, hal itu agar ia bisa rutin olahraga dan menjaga kebuaran tubuhnya.
Venzha, Seniman Yogya yang Pernah Ikut Simulasi Hidup di MarsFoto: Dokl Venzha/detikcom

"Akhirnya mobil dan motor saya jual dan beli sepeda agar saya mau olahraga, jadi kalau kemana-mana itu saya naik sepeda. Terus 6 bulan sebelum berangkat itu saya berhenti merokok dan minum (minuman keras). Selain itu beberapa kali saya sempat bolak-balik ke Jepang untuk wawancara dan akhirnya saya diterima lalu mendapat slot keberangkatan tahun 2018," ucapnya.

"Jadi butuh waktu 2 tahun untuk mempersiapkan tubuhnya, karena saat itu saya masih nakal," sambung Venzha disusul gelak tawa.

Akhirnya, awal bulan Maret 2018 Venzha berangkat dan tiba di lokasi MDRS, Utah, Amerika Serikat. Sesampainya di lokasi MDRS, Venzha terlebih dahulu mengikuti pengenalan kru yang total berjumlah 7 orang termasuk dirinya. Selain itu terdapat 2 robot anjing dalam kru tersebut, Venzha juga menjelaskan bahwa 6 orang tersebut berasal dari Jepang dan hanya ia yang berasal dari Indonesia.

Selanjutnya, Venzha bersama 6 orang lainnya mulai menjalani simulasi MDRS. Di mana setiap hari ia harus bangun jam 6 pagi dilanjutkan sarapan dan briefing jam 7 pagi. Sedangkan untuk aktivitas dimulai jam 8 pagi hingga jam makan siang dan dilanjutkan hingga jam makan malam lalu briefing lagi lalu istirahat jam 10 malam.

Semua kegiatan itu ia lakukan dari awal bulan Maret hingga akhir bulan April tahun 2018.

"Simulasi 2 bulan di Utahnya, sebulan di area dome yang ada di tengah gurun Utah dan 1 bulan di desa untuk berkomunikasi. Dan selama simulasi itu ada 6 aturan yang tidak boleh dilangar, yaitu no alkohol, no fighting, no connection, no sex, no gosip dan no smoking," ucap Venzha.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4