detikNews
2019/10/14 20:26:58 WIB

Ini Penjelasan BPPTKG Soal Awan Panas Letusan Merapi Sore Tadi

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ini Penjelasan BPPTKG Soal Awan Panas Letusan Merapi Sore Tadi Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, memberikan penjelasan soal awan panas letusan Gunung Merapi sore tadi. Ia memastikan status Gunung Merapi belum berubah, masih Waspada.

"Tadi sore pukul 16.31 WIB terjadi letusan erupsi Gunung Merapi dengan tinggi kolom tiga kilometer, tiga ribu meter. Kemudian durasinya adalah 270 detik," kata Hanik saat ditemui wartawan di Kantor BPPTKG Jalan Cendana No 15 Yogyakarta, Senin (14/10/2019).

"Kemudian untuk arah letusan tadi, ini adalah lontaran ke segala arah, tapi untuk abu teridentifikasi adanya (seburan) abu sampai jarak sekitar maksimal 25 kilometer dengan intensitas tipis. Kemudian rekomendasi dari kami masih sama ya," sambungnya.

Di antara rekomendasi BPPTKG seperti meminta tidak ada aktivitas manusia di jarak tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Hanik juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik karena tidak ada perubahan status di gunung yang ada di wilayah DIY-Jateng ini.

Hanik melanjutkan, awanpanas letusan Gunung Merapi tidak terlihat secara visual di CCTV milik BPPTKG yang terpasang di Puncak Merapi. Namun pihaknya memperkirakan luncuran material letusan masih berada di jarak kurang dari tiga kilometer.

"Tapi kalau dilihat dari durasinya itu (luncuran material) tidak lebih dari tiga kilometer," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com