detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 20:20 WIB

Diisukan Maju Pilwalkot Solo Bareng Gibran, Anak Rudy Tegas Menolak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Diisukan Maju Pilwalkot Solo Bareng Gibran, Anak Rudy Tegas Menolak Ilustrasi pemilihan umum. Foto: Zaki Alfarabi
Solo - Putra Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandez, angkat bicara terkait wacana dirinya maju Pilwalkot Surakarta 2020 bersama Gibran Rakabuming Raka. Dia dengan tegas menolaknya.

Rheo mengatakan saat ini masih enggan meniti karier di posisi strategis. Sebab, ayahnya kini masih menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Surakarta sekaligus Wali Kota Surakarta.

"Saya tidak mau menjadi dinasti politik. Bapak itu mengajarkan saya kalau berkarier politik itu dengan perjuangan sendiri," ujar Rheo kepada wartawan melalui telepon, Senin (14/10/2019).


Dia pun mengaku konsisten dengan yang dia ucapkan. Sejak 2009, dia terus menolak dicalonkan maju menjadi anggota DPRD Surakarta.

"Sejak 2009, kemudian 2014, lalu 2019 kemarin saya terus didorong jadi caleg, tapi saya tidak mau. Karena kan orang tua saya saat itu masih jadi Wakil Wali Kota dan Ketua DPC PDIP," ujarnya.

Beda cerita ketika nantinya Rudy sudah tak lagi memiliki jabatan. Rheo tidak menutup kemungkinan untuk maju menjadi anggota DPRD ataupun wali kota.

"Kalau nanti orang tua saya sudah tidak menjabat beda lagi. Tidak menutup kemungkinan meniti karier sendiri," ungkapnya.


Dalam Pilwalkot 2020 ini, dia memilih tegak lurus mengikuti instruksi partai. Saat ini dia pun mendukung penuh pasangan yang diajukan DPC PDIP Surakarta, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Namun terkait kemunculan namanya di Pilwalkot Surakarta, Rheo tetap mengapresiasinya.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat atas kemunculan nama saya. Tapi saya saat ini tegak lurus mengikuti partai," pungkasnya.


Simak juga video "Bakal Nyalon Wali Kota Solo, Gibran Titipkan Bisnis ke Kaesang" :

[Gambas:Video 20detik]


(bai/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com