detikNews
2019/10/14 17:13:18 WIB

Inikah Kemeja 'Indonesia Raya' yang akan Jadi Ikon Gibran?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Inikah Kemeja Indonesia Raya yang akan Jadi Ikon Gibran? Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Gibran Rakabuming Raka tampak dua kali mengenakan kemeja 'Indonesia Raya' di depan publik. Akankah kemeja itu akan menjadi ikon Gibran layaknya baju kotak-kotak yang pernah digunakan Jokowi?

Kemeja tersebut pertama kali dikenakan Gibran saat menemui Wali Kota Surakarta sekaligus Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, 18 September 2019 lalu. Saat itu Gibran sudah mengisyaratkan akan terjun ke dunia politik.

Kesempatan kedua, dia kembali mengenakan kemeja warna putih tulang itu saat mendatangi kantor DPC PDIP Surakarta, 23 September 2019. Saat itu dia mendaftarkan diri menjadi anggota PDIP.
Kemeja 'Indonesia Raya'Kemeja 'Indonesia Raya' Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Kini kemeja tersebut juga mulai dipakai oleh sejumlah pendukung Gibran. Salah Antara lain legislator DPRD Surakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Antonius Yogo Prabowo dan pegiat Forum Muda Visioner, Guntur Wahyu Nugroho.
Kemeja 'Indonesia Raya'Kemeja 'Indonesia Raya' Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Guntur mengaku mendapatkan kemeja tersebut langsung dari Gibran pada Sabtu (12/10./2019) lalu. "Baru kemarin Sabtu pas ketemu Mas Gibran dikasih," katanya, Senin (14/10/2019).

Sedangkan Yogo mengaku mendapat kemeja tersebut langsung dari Gibran sekitar dua pekan lalu. Dia juga beberapa kali mengenakan kemeja itu di DPRD Surakarta.

Dia yakin kemeja tersebut akan semakin massal dipakai masyarakat Solo. Bahkan dia yakin kemeja tersebut mampu menjadi ikon layaknya Jokowi-Ahok saat maju Pilgub DKI Jakarta 2012.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com