detikNews
2019/10/14 13:59:36 WIB

Wacana Anak Jokowi-Rudy di Pilkada Solo, Pro Gibran: Bisa Jadi Solusi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Wacana Anak Jokowi-Rudy di Pilkada Solo, Pro Gibran: Bisa Jadi Solusi Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Solo - Setelah Gibran Rakabuming Raka, nama-nama anak muda calon peserta Pilwalkot Surakarta 2020 terus bermunculan. Kini ada wacana memasangkan Gibran dengan Rheo Fernandez, anak Wali Kota Solo saat ini yang juga Ketua PDIP setempat, FX Hadi Rudyatmo.

Andreas Rheo Yuliana Fernandez, memang sudah aktif di PDIP sejak cukup lama. Anak kedua lebih dulu telah lama menjadi keder PDIP, jauh lebih dulu dibanding Gibran. Upaya menyandingkan Gibran-Rheo itu untuk mengulang pasangan Jokowi-Rudy di Pilkada Solo 2005 dan 2010.

Pegiat Forum Muda Visioner yang selama ini mendukung pencalonan Gibran sebagai wali kota Solo, Guntur Wahyu Nugroho, mengatakan kemunculan nama Rheo harus diapresiasi. Sebab saat ini, kata dia, Kota Solo membutuhkan sosok pemimpin anak muda.

"Ini saatnya teman-teman muda tampil. Makin banyak calon-calon muda visioner yang dimunculkan dan dipanggungkan, kita makin punya banyak calon pemimpin di masa depan," kata Guntur saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019).


Dia masih belum bisa memberikan tanggapan lebih jauh terkait pasangan dua putra Jokowi-Rudy. Namun jika Gibran berpasangan dengan Rheo, hal tersebut bisa melawan tradisi urut kacang di partai politik.

"Saya belum bisa berkomentar jauh soal pasangan ini, karena kami belum menelusuri rekam jejak beliau (Rheo). Tapi yang jelas, jika memang dua ini yang dicalonkan PDIP, maka ini bagus untuk melawan tradisi urut kacang. Dan ini bagus untuk Solo," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com