detikNews
2019/10/13 19:55:28 WIB

PKB Merasa Wajar Jika Jokowi Beri Jatah 5 Menteri

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
PKB Merasa Wajar Jika Jokowi Beri Jatah 5 Menteri Foto: Redaksi
Semarang - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan siap menghadirkan calon terbaik sebagai menteri di Pemerintahan Joko Widodo-Ma'aruf Amin. Bahkan jika diberi tempat untuk 5 menteri pun PKB merasa logis dan siap.

Ketua DPP PKB Bidang Pendidikan dan Pesantren KH M Yusuf Chudlori mengatakan PKB selalu siap untuk diajak bicara tentang komposisi kabinet dan menyiapkan kader terbaiknya untuk duduk di kursi Menteri. Namun kader tersebut tetap rekomendasi dsri Ketua Umum PKB.

"Memang soal Menteri adalah prerogatif Presiden, tapi kalau kader partai sebaiknya merupakan rekomendasi dan perintah dari Ketua Partai. Kalau PKB ya harus atas perintah Ketum PKB Gus Muhaimin. Ini akan lebih bisa dikontrol program-program nya kelak," kata Gus Yusuf seperti dalam keterangan tertulis yang diperoleh detikcom, Minggu (13/10/2019).

Ia menjelaskan wajar jika PKB menyinggung soal kabinet karena menurut ya PKB adalah Partai Pengusung Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Bahkan Gus Yusuf menyatakan, PKB menjadi Faktor penentu kemenangan Jokowi - Ma'ruf Amin terutama di Jateng dan Jatim.

"Dalam koalisi itu, PKB tidak hanya sebatas Pengusung, tetapi sangat terasa struktur dan caleg caleg PKB bergerak masif untuk memenangkan Pasangan Pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf," kata dia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com