detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 18:59 WIB

Perdayai Siswi SMP, Pria di Sragen Ditangkap

Andika Tarmy - detikNews
Perdayai Siswi SMP, Pria di Sragen Ditangkap Foto: Andika Tarmy/detikcom
Sragen - Bermodal kenalan lewat media sosial, Agung Setiawan (23), warga Desa Brojol, Kecamatan Miri, Sragen, berhasil memperdaya S (13), yang masih duduk di bangku SMP. Agung ditangkap setelah orang tua S, yang tidak terima anaknya diperlakukan begitu rupa, melaporkannya ke polisi.

"Pelaku berkenalan dengan korban via Facebook sebulan yang lalu. Baru bertemu dua kali. Pertemuan terakhir terjadi Sabtu lalu, sekitar pukul 11 malam. Waktu itu korban berada di rumah kakeknya," terang Kasat Reskrim Polres Sragen, AKP Harno, saat rilis kasus di Mapolres Sragen, Kamis (10/10/2019).

Pelaku kemudian merayu korban agar mau diajak berhubungan badan. Dengan iming-iming akan dinikahi, korban yang masih di bawah umur ini akhirnya teperdaya dan menuruti kemauan pelaku.

"Pelaku menggauli korban dua kali, sebelum ketahuan oleh kakeknya. Pihak keluarga, yang tidak terima, kemudian melapor polisi," kata Harno.

Saat diperiksa polisi, pelaku mengaku korban merupakan wanita keempat yang digaulinya.

"Yang kenalan lewat Facebook dua orang. Dua lain kenalan biasa. Tapi yang di bawah umur cuma yang terakhir ini," ujar pelaku saat ditanya petugas.

Pelaku saat ini meringkuk di sel tahanan Mapolres Sragen untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebagai barang bukti, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti sepeda motor, pakaian, dan telepon seluler milik pelaku dan korban.



Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 81 ayat 1 juncto Pasal 76 C UURI Nomor 35 Tahun 2014 tentang persetubuhan dan/atau pencabulan anak di bawah umur, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

"Diharapkan kejadian ini menjadi perhatian kita semua untuk selalu meningkatkan pengawasan, terutama saat anaknya mulai mengakses media sosial," pungkas Harno.



(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com