detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 21:28 WIB

Beredar Undangan Acara di Masjid Kauman, Ini Kata Keraton

Usman Hadi - detikNews
Beredar Undangan Acara di Masjid Kauman, Ini Kata Keraton Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Beredar surat undangan kepada media untuk meliput kegiatan muslim united #2 di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada tanggal 11-13 Oktober 2019. Undangan itu tersebar melalui salah satu aplikasi percakapan.

Padahal beberapa waktu yang lalu Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat telah mengeluarkan surat yang tak mengizinkan penggunaan Masjid Gedhe. Lalu apa kata Keraton perihal tersebarnya undangan tersebut?

"Kalau Kraton tetap berpegangan pada surat yang sudah saya keluarkan kemarin. Kraton tidak mengeluarkan surat baru dan tidak menarik surat lama," kata Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono kepada detikcom, Rabu (9/10/2019).

Surat yang dimaksud ialah surat bernomor 0336/KH.PP/Suro.IX/WAWU.1953.2019. Surat itu dikeluarkan pada tanggal 28 September 2019 lalu dan ditandatangani oleh GKR Condrokirono. Surat tersebut sempat viral di media sosial (medsos).

Isi suratnya yakni tak memberikan izin penggunaan KgD Masjid Gedhe Keraton (Kauman) beserta halaman, Ndalem Pengulon, dan Alun-alun Utara sisi barat untuk kegiatan Muslim United. Kegiatan itu diprakarsai oleh Forum Ukhuwah Islamiyyah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah ustaz yang sedianya mengisi acara. Di antaranya Abdul Somad, Adi Hidayat, Salim A Fillah, Bachtiar Nasir, Felix Siauw, Ali Jaber, Ahmad Heryawan, Arie Untung dan penceramah lainnya.

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com