detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 17:02 WIB

Warga di Cilacap Rasakan Getaran Gempa M 4,1

Ristu Hanafi - detikNews
Warga di Cilacap Rasakan Getaran Gempa M 4,1 Gempa Cilacap 4,1 SR, Rabu (9/10/2019). (Foto: dok. Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta)
Cilacap - Gempa bumi bermagnitudo 4,1 mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap. Gempa terjadi pukul 15.21 WIB tadi dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan keterangan dari Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, getaran gempa dirasakan oleh warga Cilacap.

"Sebagian masyarakat Cilacap dan sekitarnya dikejutkan oleh adanya guncangan gempa," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto, dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019).


Hasil analisis BMKG diperoleh parameter gempa bumi dengan kekuatan M 4,1 SR. Pusat gempa berada di laut pada koordinat 8,52 Lintang Selatan dan 108,99 Bujur Timur.

"Sekitar 88 kilometer arah barat daya dari Cilacap, pada kedalaman 16 km," jelasnya.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Cilacap dengan kekuatan II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat penyesaran di bawah laut di selatan Pulau Jawa," jelasnya.

"Hingga pukul 16.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terdapat satu gempa susulan dengan magnitudo 4,1, namun tidak dirasakan," lanjutnya.


BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui mobile apps (iOS dan Android @infobmkg).


Simak juga video "Kemenkeu Siapkan Dana Pemulihan Bencana Rp 4,84 Triliun" :

[Gambas:Video 20detik]


(rih/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com