detikNews
Senin 23 September 2019, 13:04 WIB

Bukan Gibran, Purnomo-Teguh Jadi Bapaslon Tunggal PDIP di Pilwalkot Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bukan Gibran, Purnomo-Teguh Jadi Bapaslon Tunggal PDIP di Pilwalkot Solo Pasangan Purnomo-Teguh mengembalikan berkas pencalonan ke DPC PDIP Surakarta, Senin (23/9/2019). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa menjadi bakal pasangan calon (bapaslon) tunggal yang diajukan DPC PDIP Surakarta. Berkas pencalonan pasangan tersebut akan dikirim ke DPP PDIP.

Purnomo-Teguh telah mengembalikan formulir pencalonannya ke kantor DPC PDIP Surakarta hari ini. Mereka datang bersama para kader dan simpatisan PDIP dengan menumpangi becak.

Masuk ke kantor, mereka disambut dengan yel-yel dukungan untuk Purnomo-Teguh. Berkas diserahkan kepada Ketua Tim Seleksi dan Rekrutmen Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC PDIP Surakarta Putut Gunawan.

Putut mengatakan hari ini merupakan hari terakhir bagi DPC untuk mengirimkan berkas bakal calon ke DPP PDIP. Hanya ada satu paslon yang akan diajukan.

"Hari ini kami sudah harus mengirimkan berkas ke DPP PDIP. Siang ini ada petugas kami yang berangkat ke Jakarta," kata Putut, Senin (23/9/2019).

Bukan Gibran, Purnomo-Teguh Jadi Bapaslon Tunggal PDIP di Pilwalkot SoloPasangan Purnomo-Teguh mengembalikan berkas pencalonan ke DPC PDIP Surakarta. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Putut tidak mempermasalahkan hanya ada bapaslon tunggal. Dia pun menyerahkan keputusan kepada DPP PDIP.

"Kalau adanya cuma satu, mau bagaimana lagi? Nanti terserah DPP yang memutuskan," ujarnya.

Pihaknya menegaskan yang dilakukan DPC PDIP bukanlah membuka pendaftaran. Namun PDIP menugaskan Purnomo-Teguh untuk maju dalam Pilkada 2020.

"Sekali lagi saya tegaskan, ini bukan pendaftaran, tapi DPC PDIP Surakarta menugaskan pasangan Purnomo-Teguh. Karena DPC yang suaranya 25 persen bisa melakukan penjaringan tertutup," ujarnya.


Sementara itu, Achmad Purnomo mengatakan siap menerima penugasan partai. Dia pun menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada DPP PDIP.

"Kami sebagai kader PDIP siap melaksanakan penugasan partai sepenuh hati, penuh pengabdian, dan tanggung jawab. Apa pun hasilnya kami serahkan ke DPP," pungkasnya.


Gibran Temui Ketua PDIP Surakarta Tanya Mekanisme Maju Pilkada:

[Gambas:Video 20detik]




(bai/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com