detikNews
2019/09/22 21:51:55 WIB

Belasan Orang Daftar Maju Pilbup Kebumen Lewat PDIP

Rinto Heksantoro - detikNews
Halaman 1 dari 1
Belasan Orang Daftar Maju Pilbup Kebumen Lewat PDIP Penyerahan berkas pendaftaran Arif Sugianto maju pilbup Kebumen. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Sebanyak 14 orang telah melamar menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen lewat PDIP. Jadwal pengambilan dan pengembalian formulir sendiri berlangsung selama 10 hari dan akan berakhir pada Minggu (22/9/2019) pukul 24.00 WIB.

Hingga Minggu (22/9/2019) malam, tercatat ada 14 nama yang telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Kebumen. Dari ke 14 nama tersebut, 9 orang mendaftarkan diri untuk menjadi bakal calon bupati sedangkan 5 orang lainnya mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati.

Belasan pelamar itu memiliki berbagai latar belakang mulai dari Incumbent, politisi, dosen, pensiunan polisi, pengusaha, advokat, hingga wartawan. Sampai dengan saat ini, baru PDIP yang membuka pendaftaran lantaran PDIP Kabupaten Kebumen sendiri mendapatkan 12 kursi dalam Pileg 2019, sehingga mampu mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati secara mandiri.

"Sampai saat ini baru PDIP yang buka pendaftaran karena mendapatkan kursi terbanyak dan tanpa koalisi pun sudah bisa mengusung paslon sendiri. Untuk yang daftar sampai sekarang ada 14 orang meliputi 9 orang bakal calon bupati dan 5 orang bakal calon wakil bupatii," kata Ketum DPC PDIP Kebumen, Saiful Hadi kepada wartawan, Minggu (22/9/2019) malam.


Saiful menambahkan, DPC PDIP Kebumen membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati sejak 13 September hingga 22 September 2019. Setelah semua formulir pendaftaran dikembalikan, maka akan ada mekanisme selanjutnya hingga akhirnya rekomendasi akan turun kepada bakal calon bupati dan wakil bupati sesuai kesepakatan.

"Bagi yang sudah terdaftar kami perbolehkan melakukan sosialisasi dan mengenalkan kepada masyarakat sebagai balon dari PDIP. Setelah ini juga masih ada beberapa tahapan dan nantinya sebelum April 2020 sudah kami tetapkan pasangan siapa yang akan kami usung setelah melalui beberapa mekanisme yang ada. Harapannya siapa nanti yang kami usung bisa menang dalam pilkada," lanjutnya.

Dari 14 orang tersebut, bupati Kebumen saat ini yakni Yazid Mahfudz ikut mendaftar sebagai balon bupati. Tak mau kalah, wakil bupati Arif Sugianto juga ikut mendaftar menjadi bakal calon bupati. Yazid sendiri telah mengembalikan berkas pendaftaran pada Sabtu (21/9) kemarin, sedangkan Arif menyerahkan berkas pendaftaran pada Minggu (22/9/2019) malam ini.


Saat ditemui awak media usai menyerahkan berkas, Arif Sugianto mengatakan bahwa tekadnya memperoleh rekomendasi PDIP untuk menjadi bacabup sudah bulat. Meski baru menjabat Wakil Bupati Kebumen sejak 29 April 2019 lalu, pensiunan anggota Polri dengan pangkat terakhir Kompol itu tetap siap bersaing dengan kontestan lain.

"Alhamdulillah hari ini kami menyerahkan berkas pendaftaran untuk mengikuti seleksi rekom sebagai bupati Kebumen. Visi missi kami, menjadikan Kabupaten Kebumen akan semakin maju sejahtera dan tetap beriman. PDIP sudah membuka pintu, kami sebagai warga Indonesia ikut dalam pesta demokrasi itu. Banyaknya pimpinan partai lain yang ikut, ini menunjukkan bahwa elit politik di Kabupaten Kebumen bersatu padu menuju Kabupaten Kebumen yang sejahtera," ucap Arif.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com