detikNews
Sabtu 21 September 2019, 15:53 WIB

Kondisi Medan Jadi Kendala Pemadaman Kebakaran di Gunung Slamet

Arbi Anugrah - detikNews
Kondisi Medan Jadi Kendala Pemadaman Kebakaran di Gunung Slamet Kondisi medan jadi kendala pemadaman kebakaran di Gunung Slamet, Sabtu (21/9/2019). Foto: dok. BPBD Banyumas
Banyumas - Medan yang cukup sulit menjadi kendala dalam penanganan kebakaran hutan di lereng barat selatan Gunung Slamet. Bahkan untuk mencapai lokasi kebakaran membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan dengan ketinggian 2.800-3.000 mdpl.

"Medan cukup sulit juga karena ketinggian, memerlukan fisik yang cukup baik sehingga ada kendala mungkin kaki kram dan sebagainya," kata Komandan Operasi Lapangan Karhutla Gunung Slamet yang juga Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra S, kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019).

Kondisi Medan Jadi Kendala Pemadaman Kebakaran di Gunung SlametFoto: dok. BPBD Banyumas
"Kemarin juga ada yang sesak napas salah satu sukarelawan, tapi sudah turun dan tidak menjadi permasalahan lanjutan, artinya bisa bisa diatasi. Ada juga yang terpeleset kemarin, kondisinya masih stabil. Artinya masih bisa kita bawa evakuasi dan bisa diatasi, karena kontur jalan yang tinggi dan licin sehingga jatuh keseleo," ucapnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan penanganan Karhutla Lereng Barat Selatan Gunung Slamet pada pukul 11.30 WIB, saat ini posisi Tim 1 berada di koordinat 7⁰15'18,00" LS dan 109⁰12'05,00" BT ketinggian 2.661 mdpl.

"Nyala api terlihat kurang lebih 100 meter ke arah utara. Sebaran api memanjang 600-700 meter, tinggal terlihat kepulan asap dengan jarak pandang 400-500 meter.
Kondisi semak bahan bakar (bahan alam mudah terbakar) adalah andaman dengan ketebalan mencapai 3 meter," jelasnya.


Kemudian Tim 2 saat ini sudah bergabung dengan Tim 1 dengan jumlah personel 15 orang. Sisa personel 15 orang berada di Camp Tentara.

"Selanjutnya Tim 2 sejumlah 7 orang mulai melaksanakan giat pembuatan sekat bakar. Sedangkan Tim 1 lanjut observasi ke arah Pos 5 karena terlihat titik api baru di atas titik api lama," ucapnya.

Sementara Tim 3 yang berjumlah 11 personel sudah sampai di punggungan kedua jalur utama Pos 3. Sisa personel di sebelah timur punggung kedua dengan cuaca berkabut.




Simak juga video Kebakaran Gunung Merbabu Juga Hanguskan Kawasan Edelweis:

[Gambas:Video 20detik]


(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com