detikNews
Sabtu 21 September 2019, 11:59 WIB

Jejak Mbah Pani, Pernah Jalani Banyak Ritual Selain Tapa Pendhem

Arif Syaefudin - detikNews
Jejak Mbah Pani, Pernah Jalani Banyak Ritual Selain Tapa Pendhem Kubur lokasi Mbah Pani ritual tapa pendhem selama 5 hari 5 malam. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati - Supani (63) atau yang akrab disapa Mbah Pani menurut keluarga memang sering melakukan sejumlah ritual pertapaan. Teranyar, Mbah Pani menjalani ritual tapa pendhem yakni bertapa dalam kondisi dikubur hidup-hidup selama 5 hari 5 malam.

Istri Mbah Pani, Sri, mengatakan Mbah Pani sejak muda memang sering menjalani sejumlah ritual. Mulai dari berjalan ke tujuan tertentu dengan sejumlah syarat, bertapa di suatu tempat hingga waktu yang ditentukan, berpuasa khusus, dan lainnya.

"Mbah Pani ini pernah juga tapa di dalam kamar selama 7 hari 7 malam. Namanya tapa pati geni, jadi selama bertapa itu kita gak boleh nyalain kompor, api apapun tidak boleh. Termasuk lampu rumah juga mati selama itu," kata Sri saat ditemui detikcom di rumahnya di Desa Bendar RT 3 RW 1, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jumat (20/9/2019) malam.


Ia juga bercerita, Mbah Pani pernah melakukan ritual bertapa di Pulau Seprapat yang berada di wilayah Kecamatan Juwana selama 41 hari. Selama itu pula sang istri selalu menjenguk Mbah Pani setiap harinya.

"Waktu itu tapa di Pulau Seprapat selama 41 hari. Kalau pagi saya jam 04.00 ke sana, kemudian pas malam jam 19.00 saya juga menjenguk di sana. Setiap hari seperti itu," terangnya.


Meski demikian, pihak keluarga tidak pernah tahu apa tujuan sebenarnya Mbah Pani melakukan sejumlah ritual tersebut. Saat hendak melakukan ritual pun, Mbah Pani selalu melakukan secara tiba-tiba dan tidak terencana lama.

"Seperti kemarin ini, bilang kalau mau tapa pendhem pas tanggal 1 Suro kemarin. Kan mendadak, kita keluarga sudah melarang itu. Tapi Mbah Pani ini sudah ngotot, ya mau bagaimana lagi," paparnya.


Mbah Pani telah melakukan ritual tapa pendhem hingga 10 kali. Yang ke-10 ini disebut sebagai ritual penutup. Selanjutnya akan disambung dengan rangkaian ritual perjalanan panjang jalan kaki di sejumlah tempat oleh Mbah Pani.




Simak juga video Mengintip Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi yang Viral di Medsos:

[Gambas:Video 20detik]


Jejak Mbah Pani, Pernah Jalani Banyak Ritual Selain Tapa Pendhem

(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com