detikNews
Sabtu 21 September 2019, 10:07 WIB

Mbah Pani Disebut Akan Jalani Ritual Lain Usai Tapa Pendhem, Apa Saja?

Arif Syaefudin - detikNews
Mbah Pani Disebut Akan Jalani Ritual Lain Usai Tapa Pendhem, Apa Saja? Mbah Pani usai tapa pendhem selama 5 hari 5 malam, Jumat (20/9/2019). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati - Mbah Pani (63) telah selesai melakukan ritual tapa pendhem, yakni bertapa dengan cara dikubur hidup-hidup di dalam liang kubur. Masih ada serangkaian ritual yang disebut keluarga akan dijalani Mbah Pani.

Istri Mbah Pani, Sri, mengatakan bahwa Mbah Pani menyebut jika dirinya berhasil menuntaskan tapa pendhem 5 hari 5 malam maka akan dilanjutkan dengan menjalankan ritual berjalan kaki tanpa alas dan tanpa bekal ke sejumlah tempat.

"Habis ini mau haul ya istilahnya, tapi jalan kaki, tanpa pakai alas kaki, ya gak boleh bawa bekal makanan, gak boleh bawa uang. Dan selama perjalanan, gak boleh minta makan gitu ke orang. Kalau dikasih orang saja makannya, kalau gak dikasih ya gak makan," katanya kepada detikcom, Jumat (20/9/2019) malam.


Mbah Pani rencananya akan pergi ke beberapa tempat. Dimulai perjalanan dari rumahnya menuju makam Sunan Bonang yang berada di Tuban, Jawa Timur. Kemudian menuju makam Syekh Jangkung Pati, dilanjutkan ke makam Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus. Semuanya dilakukan secara berturut-turut dan jalan kaki.

"Memang kata Mbah Pani ini serangkaian ritualnya. Yang terakhir jadi lebih banyak lokasinya. Kalau yang tahun 2001 lalu sehabis tapa pendhem itu jalan kaki ke Pelabuhan Ratu," terangnya.

Mbah Pani Disebut Akan Jalani Ritual Lain Usai Tapa Pendhem, Apa Saja?Kubur lokasi Mbah Pani tapa pendhem. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pihak keluarga sendiri sejatinya tidak mengizinkan Mbah Pani menjalani serangkaian ritual yang terbilang ekstrem itu. Namun, hal itu merupakan tekad pribadi Mbah Pani yang keluarga sendiri pun tidak bisa menghalangi.

"Ini kan sebuah rangkaian, katanya akan eman kalau gak sekalian diselesaikan. Ini memang ritual penutup begitu kata Mbah Pani," imbuh Sri.





Tonton juga video Mengintip Pengobatan Alternatif Ningsih Tinampi yang Viral di Medsos:

[Gambas:Video 20detik]


Mbah Pani Disebut Akan Jalani Ritual Lain Usai Tapa Pendhem, Apa Saja?

(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com