detikNews
2019/09/18 16:21:37 WIB

Kebakaran di Gunung Merbabu Rusak Pipa Air Bersih Warga

Ragil Ajiyanto - detikNews
Halaman 1 dari 1
Kebakaran di Gunung Merbabu Rusak Pipa Air Bersih Warga Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kebakaran Gunung Merbabu mulai berdampak pada masyarakat sekitar. Warga sejumlah pedukuhan mengalami kesulitan air bersih akibat pipanya terbakar.

Kondisi ini antara lain dialami warga Dukuh Guwolelo, Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari (Ampel), Boyolali. Pipa air bersih sepanjang sekitar 1,5 kilometer hangus atau rusak karena terbakar di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

"Airnya sudah tidak mengalir karena pipa terbakar," kata Wakimin, warga Dukuh Guwolelo, Desa Ngagrong, saat ditemui di rumahnya, Rabu (18/9/2019).

Sebanyak 29 keluarga di dukuh itu kini harus irit menggunakan air bersih. Hal itu karena saat ini tidak ada lagi suplai air bersih ke dukuh tersebut.
Pipa air milik warga di Merbabu tak mengalir akibat rusakPipa air milik warga di Merbabu tak mengalir akibat rusak. (Ragil Ajiyanto/detikcom)

Warga mengambil air dari Tuk (mata air) Polang secara swadaya. Warga kini belum bisa memperbaiki atau mengganti pipa yang terbakar sepanjang sekitar 1,5 km tersebut.



"Sudah tiga hari ini, sejak Senin (16/9/2019)," jelasnya.

Selain pipa yang ke Dukuh Guwolelo, lanjut dia, pipa yang ke Desa Jeruk (Kecamatan Selo) juga terbakar. Akibatnya, aliran air pun terputus.

Warga lainnya, Tupar, menjelaskan lokasi kebakaran di Gunung Merbabu saat ini berada di bawah Tuk Sipendok. Padahal di lereng bukit yang terbakar itu banyak pipa air bersih untuk mengambil air dari Tuk Sipendok.

[Gambas:Video 20detik]


"Kalau untuk yang dari Tuk Semuncar masih aman," imbuhnya.

Sementara itu, saat ini tengah berlangsung rapat koordinasi penanganan kebakaran Gunung Merbabu di basecamp Rempala, Desa Ngagrong.




Simak juga video "Kebakaran Gunung Merbabu Juga Hanguskan Kawasan Edelweis":

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com