detikNews
Rabu 18 September 2019, 10:05 WIB

Ditinggal ke Sawah, 3 Rumah di Grobogan Ludes Terbakar

Akrom Hazami - detikNews
Ditinggal ke Sawah, 3 Rumah di Grobogan Ludes Terbakar Tiga rumah warga di Grobogan ludes terbakar. Foto: Istimewa
Grobogan - Kebakaran melanda tiga rumah warga di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pagi tadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Terjadi kebakaran tiga rumah, Rabu (18/9/2019) sekitar pukul 06.30 WIB," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Grobogan, Endang Sulistyaningsih kepada detikcom melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (18/9/2019).

Tiga rumah tersebut merupakan milik Suparmin (65), Sariyadi (40) dan Sugiyanto (55) berada di Dusun Metuk, RT 01, RW 01, Desa Kalirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.


Menurut keterangan Sariyadi kepada petugas, api pertama kali muncul di rumah Suparmin yang saat itu dalam kondisi kosong.

Anak dan menantu Suparmin bernama Mustofa dan Siti yang tinggal di rumah itu sedang berada di sawah untuk panen kacang saat terjadi kebakaran.



"Pada saat itu saksi Sariyadi mengetahui api muncul dari belakang dapur rumah. Sariyadi langsung teriak, dan saksi Sugiyanto langsung berusaha memadamkan api," terang Endang.

"Namun karena rumah korban sebagian besar terbuat dari kayu dan bambu, api cepat membesar," imbuhnya.


Warga juga langsung melaporkan kebakaran ini ke perangkat Desa Kalirejo, dan selanjutnya ditindaklanjuti ke bagian pemadam kebakaran.

Tiiga rumah warga ludes dilahap api di Grobogan. Tiiga rumah warga ludes dilahap api di Grobogan. Foto: Istimewa

Petugas pemadam dan warga bahu membahu memadamkan api yang sudah merembet ke dua rumah warga lainnya. Diperkirakan kerugian akibat peristiwa ini mencapai ratusan juta rupiah.

"Penyebab kebakaran tidak diketahui secara pasti, karena pemilik rumah sedang berada di sawah," pungkas Endang.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com