detikNews
Selasa 17 September 2019, 15:18 WIB

Mbah Pani Pelaku 'Tapa Pendhem' di Pati, Tekun Salat dan Rajin Puasa

Arif Syaefudin - detikNews
Mbah Pani Pelaku Tapa Pendhem di Pati, Tekun Salat dan Rajin Puasa Mbah Pani (Foto: dok. Istimewa)
Pati - Supani (63) atau yang akrab disapa Mbah Pani menjadi pembicaraan publik karena menjalani ritual tapa pendhem atau bertapa dalam kubur. Para tetangganya mengenal Mbah Pani sebagai kakek yang tekun beribadah dan rajin berpuasa.

Sutoyo, Sekdes Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, menyebut Mbah Pani sebagai lelaki yang taat beribadah di musala perkampungan setempat. Sutoyo adalah tetangga dekat Mbah Pani, yang tinggal di RT 3 RW 1 Desa Bendar.

"Beliau sering salat berjemaah di musala. Malah sebelum (menjalankan) ritual itu, Mbah Pani juga salat di musala. Sering ngazani (menjadi muazin) juga. Ibadahnya kenceng kok kelihatannya," kata Sutoyo saat ditemui detikcom, Selasa (17/9/19).

Mbah Pani Pelaku 'Tapa Pendhem' di Pati, Tekun Salat dan Rajin Puasa'Kuburan' tempat Mbah Pani bertapa di dalamnya. (Foto: dok. Istimewa)

Sutoyo mengaku tak mengetahui apa tujuan Mbah Pani menjalani tapa pendhem. Hanya, ia akan diberi tahu oleh Mbah Pani tujuan tersebut setelah ritual tersebut selesai dilakukan.

"Nggak ada yang tahu tujuannya, mungkin keluarganya yang tahu. Itu pun nggak pernah ada yang kasih tahu. Kemarin sebelum dikubur ya bilang sama saya, akan kasih tahu tujuan ritual tapa pendhem setelah selesai dikubur," jelasnya.

Selain tapa pendhem, warga mengetahui Mbah Pani juga kerap menjalani puasa. Terakhir ia berpuasa selama 3 bulan berturut-turut. "Sahurnya pakai pisang gitu, terus buka pakai pisang sama air putih. Itu saja, sampai 3 bulan," imbuh Sutoyo.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com