detikNews
Senin 16 September 2019, 17:53 WIB

Purnomo-Teguh Daftar Cawalkot Solo, Peluang Gibran Tertutup?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Purnomo-Teguh Daftar Cawalkot Solo, Peluang Gibran Tertutup? Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa resmi mendaftarkan diri ke DPC PDIP Surakarta. Dua nama ini merupakan hasil penjaringan internal PDIP di lima pengurus anak cabang (PAC) tingkat kecamatan untuk dipercaya menjadi calon wali kota.

Purnomo dan Teguh mendaftarkan diri pada hari pertama, Senin (16/9/2019). Pendaftaran akan berlangsung selama satu bulan ke depan khusus untuk kader PDIP.

"Internal lima PAC menyampaikan aspirasi mencalonkan Pak Pur dan Teguh untuk maju calon wali kota. Nanti kita ajukan nama ini kepada DPP PDIP," kata Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo di kantor DPC PDIP Surakarta.

Terkait peluang putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, ikut berkontestasi lewat PDIP, Rudy mempersilakan mendaftar. Namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi Gibran, antara lain harus menjadi kader PDIP terlebih dahulu.

"Silakan Mas Gibran mau daftar juga boleh, asalkan memenuhi syarat. Syarat utamanya adalah punya KTA (kartu tanda anggota) PDIP," kata dia.




Meski mengusung nama Purnomo-Teguh, pihaknya mengaku akan patuh terhadap DPP PDIP. Apa pun rekomendasi yang dikeluarkan DPP, dia siap menjalankannya.

"Ini prosesnya masih panjang, masih ada tes, hasilnya yang menentukan DPP. Apa pun hasilnya kami tegak lurus," ujarnya.

Seperti diketahui, Achmad Purnomo saat ini menjabat Wakil Wali Kota Surakarta. Sedangkan Teguh Prakosa merupakan Ketua DPRD Surakarta 2014-2019. Mereka dinilai pantas memimpin Kota Solo.

"Presiden menyampaikan, mengelola pemerintahan itu harus punya pengalaman. Tapi kalau ada kader yang belum punya pengalaman tapi ingin mendaftar dan dapat rekomendasi DPP, ya kami tetap dukung," tutupnya.




Simak juga video "Respon Jokowi Soal Gibran Masuk Bursa Cawalkot":

[Gambas:Video 20detik]


(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com