detikNews
Kamis 12 September 2019, 16:52 WIB

Wakil Ketua DPRD DIY: Pak Jokowi, Batalkan Revisi UU KPK!

Usman Hadi - detikNews
Wakil Ketua DPRD DIY: Pak Jokowi, Batalkan Revisi UU KPK! Wakil Ketua sementara DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, saat membacakan pernyataan sikapnya di depan massa dosen dan mahasiswa yang berdemo di halaman DPRD DIY. (Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Yogyakarta - Wakil Ketua sementara DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, sepakat dengan aspirasi mahasiswa yang berunjuk rasa di kantor DPRD DIY hari ini. Huda juga menyatakan penolakannya atas rancangan revisi UU KPK.

Pernyataan Huda tersebut disampaikan di hadapan ratusan mahasiswa yang berunjuk rasa di halaman kantor DPRD DIY, Kamis (12/9/2019). Pernyataan itu keluar saat ia membacakan surat pernyataan yang juga telah ditandatanganinya.

"Yang bertanda tangan di bawah ini, nama saya Huda Tri Yudiana, saya Wakil Ketua sementara DPRD DIY, dengan ini menyatakan menolak dengan tegas rancangan revisi UU KPK," katanya disambut riuh demonstran.

"Situasi dan kondisi saat ini dalam keadaan genting dan saya mendesak Bapak Presiden RI Haji Joko Widodo untuk melakukan tindakan sebagai wujud membatalkan rancangan revisi UU KPK," imbuh Huda.


Tak hanya itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera itu juga meminta DPR membatalkan rencana revisi UU KPK. "Saya mendesak DPR RI untuk membatalkan rancangan revisi UU KPK," ungkapnya.

Huda mengatakan, setelah ini, pihaknya akan berkirim surat ke Sekjen DPR RI untuk meneruskan aspirasi dari para demonstran. Surat tersebut, kata Huda, akan dikirim secepatnya agar lekas ditindaklanjuti.

"Iya, saya sepakat dengan itu (tuntutan para demonstran yang menolak revisi UU KPK). Saya lebih sepakat Undang-Undang KPK nggak usah direvisi, itu menurut saya secara pribadi sebagai wakil rakyat di DIY," jabarnya.

Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Stevanus Christian Handoko, menuturkan pihaknya mendukung aspirasi para demonstran. Menurutnya, segala upaya pelemahan KPK harus ditolak.

"Haluan kita (PSI) dari atas sampai ke wilayah, kabupaten/kota, secara tegas sudah jelas, bahwa secara garis partai kita akan mendukung KPK. Segala bentuk pelemahan terhadap KPK kita akan lawan," ungkap Stevanus.


"Begitu ada kawan-kawan mahasiswa hadir dan menyuarakan hal yang sama, itu menjadi suatu keharusan kita untuk menerima dan kita bersama-sama untuk menyuarakan bahwa KPK harus kita dukung," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, ratusan mahasiswa dan dosen menggelar demonstrasi di halaman kantor DPRD DIY hari ini. Tak hanya berorasi, perwakilan para demonstran juga beraudiensi dengan anggota DPRD DIY.

Setelah Huda membacakan pernyataan sikapnya, berangsur-angsur para demonstran membubarkan diri. Mereka mulai meninggalkan kantor DPRD DIY sekitar pukul 15.45 WIB.
(ush/sip)
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com