detikNews
Kamis 12 September 2019, 15:36 WIB

Tolak Revisi UU KPK, Dosen dan Mahasiswa Yogya Turun ke Jalan

Usman Hadi - detikNews
Tolak Revisi UU KPK, Dosen dan Mahasiswa Yogya Turun ke Jalan Mahasiswa dan dosen sejumlah perguruan tinggi di Yogya turun ke jalan untuk menolak RUU revisi UU KPK, Kamis (12/9/2019). (Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Yogyakarta - Ratusan mahasiswa dan dosen sejumlah perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun ke jalan untuk menolak RUU revisi UU No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK).

Aksi ratusan orang ini dilakukan dengan cara long march dari Taman Parkir Abu Bakar Ali sekitar pukul 14.15 WIB. Selanjutnya mereka berjalan kaki menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY di Jalan Malioboro.

Massa aksi mulai memasuki halaman kantor DPRD DIY pukul 14.35 WIB. Setelahnya, mereka silih berganti berorasi. Tak hanya itu, mereka juga memasang banner bertulisan 'Tolak Revisi UU KPK' di depan kantor wakil rakyat.

Tolak Revisi UU KPK, Dosen dan Mahasiswa Yogya Turun ke JalanFoto: Usman Hadi/detikcom

Massa aksi juga membawa sejumlah poster bertulisan 'Menolak!!! Rancangan RUU KPK secara keseluruhan #SaveKPK', 'Dewan Pelindung Rampok', 'Revisi UU KPK membunuh KPK', dan sejumlah poster lainnya.

Tak hanya itu, ada massa aksi yang membawa poster bertuliskan kritik tajam kepada Jokowi. Poster tersebut bertulisan 'GUS DUR MERANCANG KPK, MEGAWATI MELAHIRKAN KPK, SBY MELINDUNGI KPK, JOKOWI??'

Tolak Revisi UU KPK, Dosen dan Mahasiswa Yogya Turun ke JalanFoto: Usman Hadi/detikcom
Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Abdul Jamil mengatakan bukan hanya dirinya yang turun ke jalan bersama mahasiswa untuk menentang RUU revisi atas UU KPK, tapi juga dosen-dosen lainnya.

"Kami sebagai dosen, sebagai akademisi, ikut membela (suara) rakyat. Maka dari itu, kami dengan perwakilan dosen-dosen ikut aksi dengan para mahasiswa untuk menolak revisi UU KPK," katanya, Kamis (12/9/2019).


Massa aksi hingga kini masih bertahan di halaman kantor DPRD DIY. Sementara itu, perwakilan massa aksi masih beraudiensi dengan anggota DPRD DIY untuk menyuarakan penolakan revisi UU KPK di ruang rapat Dewan.




Tonton video Jokowi Ubah Draf Revisi UU KPK Versi DPR:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/skm)
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com