detikNews
Kamis 12 September 2019, 14:39 WIB

Siswa di Banjarnegara Terbangkan Ratusan Pesawat Kertas untuk BJ Habibie

Uje Hartono - detikNews
Siswa di Banjarnegara Terbangkan Ratusan Pesawat Kertas untuk BJ Habibie Siswa MTs N 2 Banjarnegar menerbangkan ratusan pesawat kertas untuk mengenang BJ Habibie. (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Duka mendalam atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie dirasakan hingga ke pelosok negeri. Di MTs N 2 Banjarnegara, ratusan siswa melaksanakan salat gaib hingga menerbangkan pesawat kertas.

Di bawah terik matahari, 950 siswa serentak menerbangkan pesawat kertas yang mereka buat sendiri. Tidak mau ketinggalan, guru dan karyawan di MTs 2 Banjarnegara ikut berbaur menerbangkan pesawat kertas di halaman sekolah siang ini.

Sebelumnya, mereka menggelar salat gaib berjemaah dan mendoakan BJ Habibie agar mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Salah seorang siswa MTs N 2 Banjarnegara, Fatrida Mukaromah, mengaku sangat kehilangan atas wafatnya BJ Habibie.

Siswa di Banjarnegara Terbangkan Ratusan Pesawat Kertas untuk BJ HabibieSiswa MTs N 2 Banjarnegara menerbangkan ratusan pesawat kertas untuk mengenang BJ Habibie. (Uje Hartono/detikcom)

"Sosok BJ Habibie adalah inspirasi bagi generasi saat ini. Beliau itu pintar sampai bisa membuat pesawat terbang," ujarnya seusai salat gaib di musala MTs N 2 Banjarnegara, Kamis (12/9/2019).


Siswa MTs N 2 Banjarnegara lainnya, Wulan Nadya, menuturkan keinginannya menjadi seperti BJ Habibie, yakni bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia pun selalu belajar dan menuntut ilmu dengan tekun.


"Membuat pesawat terbang itu memang tidak mudah, tetapi setidaknya bisa bermanfaat bagi sesama dan bermanfaat bagi bangsa," tuturnya.

Ratusan siswa MTs N 2 Banjarnegara menggelar salat gaib. Ratusan siswa MTs N 2 Banjarnegara menggelar salat gaib. (Uje Hartono/detikcom)

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MTs N 2 Banjarnegara Ridlo Pramono menambahkan kegiatan itu merupakan ide para siswa. Hal itu, lanjut Ridlo, menjadi bentuk penghargaan atas salah satu karya besar yang disumbangkan BJ Habibie kepada bangsa Indonesia.

"Tadi kami mendoakan almarhum BJ Habibie, semoga ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. Kemudian tadi ada penerbangan pesawat kertas oleh siswa dan guru untuk menghargai jasa-jasanya. Diharapkan, dapat ditiru oleh para siswa, khususnya siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara," harapnya.




Tonton video Warisan Habibie di Langit Nusantara:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com