detikNews
Kamis 12 September 2019, 11:47 WIB

BJ Habibie Inisiator Lahirnya MAN IC, Sekolah Kebanggaan Kemenag

Pradito Rida Pertana - detikNews
BJ Habibie Inisiator Lahirnya MAN IC, Sekolah Kebanggaan Kemenag Menag Lukman saat launching Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) di Bantul. (Pradito R Pertana/detikcom)
Bantul - Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin menyebut kontribusi besar almarhum BJ Habibie pada pendidikan keagamaan di Indonesia. Presiden ketiga RI tersebut adalah inisiator lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC).

"Pak Habibie perannya luar biasa bagi bangsa dan negara kita tercinta. Tapi secara khusus, kontribusi Pak Habibie bagi Kemenag (Kementerian Agama) tidak pernah akan dilupakan," kata Lukman kepada wartawan seusai acara launching Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) dan Kampung Zakat Waqaf di Kantor Bupati Bantul, Kecamatan Bantul, Kamis (12/9/2019).


Menurut Lukman, kontribusi tersebut adalah lahirnya MAN IC di Indonesia. Terlebih, saat ini MAN IC menjadi MAN dengan kualitas paling unggul di Indonesia.

"Karena beliaulah (BJ Habibie) yang pertama kali menginisiasi lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Jadi MAN IC itu adalah karena Pak Habibie, dan sekarang keberadaan MAN IC itu sudah begitu banyak yang tersebar di Nusantara ini," ucapnya.


"Di samping itu, MAN IC adalah MAN yang kualitasnya paling unggul di antara MAN-MAN yang ada. Jadi itulah salah satu kontribusi Pak Habibie bagi Kemenag," imbuh Lukman.

Diketahui bersama, Presiden RI ke-3, BJ Habibie, tutup usia tadi malam, Rabu (11/9). Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada usia 83 tahun.



BJ Habibie di Mata Gina Noer Sang Penulis Naskah 'Habibie dan Ainun':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com