detikNews
Kamis 12 September 2019, 11:40 WIB

Ada Kebakaran, Seluruh Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

Ragil Ajiyanto - detikNews
Ada Kebakaran, Seluruh Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Kebakaran di lereng Gunung Merbabu dilihat dari Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Kamis (12/9/2019). (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup untuk sementara. Hal ini akibat kebakaran yang terjadi di lereng gunung di Jawa Tengah tersebut.

"Demi keselamatan pengunjung, untuk sementara jalur pendakian kami tutup sementara sampai kondisi memungkinkan," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti kepada detikcom Kamis (12/9/2019).

Penutupan sementara seluruh jalur pendakian tersebut terhitung mulai hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan.


Kebakaran Gunung Merbabu kembali terjadi hari ini. Kali ini melanda kawasan hutan Taman Nasional di wilayah Desa Denokan, Kabupaten Magelang.

Api pertama kali diketahui sekitar pukul 02.00 WIB tadi. Pihaknya langsung mengerahkan anggotanya untuk naik ke lokasi kebakaran.


"Saat ini kami sedang memobilisasi anggota dan berkoordinasi dengan masyarakat," kata Junita.

Selain itu, BTNGMb berkoordinasi dengan masyarakat, pihak-pihak terkait BPBD, MMP/MPA, potensi SAR, dan relawan untuk bahu-membahu dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com