detikNews
Rabu 11 September 2019, 21:30 WIB

Ganjar Kenang Tepukan Pundak dan Pesan dari Habibie

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ganjar Kenang Tepukan Pundak dan Pesan dari Habibie Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengenang pertemuan singkat dengan Presiden RI ketiga, BJ Habibie yang membekas dibenaknya. Pertemuan itu terkenang karena tepukan dan kata-kata singkat dari Habibie kepada Ganjar.

Ganjar mengatakan pertemuan itu terjadi beberapa waktu lalu saat ada acara PDIP di Ancol Jakarta. Ketika Ganjar akan menyalami tokoh-tokoh yang hadir ia dikagetkan tepukan dipundaknya.

"Tiba-tiba ada yang menepuk pundak saya. Saya kaget ternyata Pak Habibie," kata Ganjar lewat pesan tertulisnya, Rabu (11/9/2019).

Selain tepukan, Ganjar sangat mengingat kalimat singkat yang diucapkan Habibie kepadanya kala itu.

"Anak muda, maju terus," ujar Ganjar menirukan.

Kalimat tersebut menurut Ganjar menjadi sebuah berkah meskipun sebenarnya masih bertanya-tanya apa sejatinya makna tepukan di pundak dan ungkapan "maju terus" yang dilontarkan Habibie.

"Beliau ini tekhnolog, politisi, beliau ini yang membuat terobosan-terobosan dan seorang legend yang dihormati di seluruh dunia," pungkasnya.

BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pukul 18.05 WIB setelah sempat dirawat beberapa hari. BJ Habibie meninggal di usia 83 tahun. Almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di samping makam istrinya, Ainun.

Saat ini Ganjar sesang menjalankan tugas di Jakarta. Dia mengatakan juga bakal memberi penghormatan terakhir.

"Rencananya besok mau memberi penghormatan terakhir di Taman Makam Pahlawan," tutup Ganjar.

(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com