detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 12:14 WIB

Bikin Merinding, 37.449 Orang Serempak Baca Teks Pancasila di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Bikin Merinding, 37.449 Orang Serempak Baca Teks Pancasila di Boyolali Pembacaan teks Pancasila oleh puluhan ribu orang di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Pembacaan teks Pancasila dengan peserta terbanyak di Boyolali berhasil dicatatkan dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI. Pemecahan rekor MURI ini diikuti warga dari berbagai kalangan di Boyolali.

"Berdasarkan daftar hadir, pembacaan teks Pancasila ini diikuti oleh 37.449 orang," kata Sri Widayati, senior manager MURI, saat memberikan piagam dalam pemecahan rekor pembacaan teks Pancasila dengan peserta terbanyak di Alun-alun Kidul Kompleks Kantor Pemkab Boyolali, Minggu (25/8/2019).

Jumlah tersebut, kata dia, tak hanya memecahkan rekor di Indonesia, namun oleh MURI juga dinobatkan sebagai pemecahan rekor dunia. Piagam penghargaan dari MURI tersebut diberikan kepada Bupati Boyolali, Seno Samodro, sebagai pemrakarsa kegiatan tersebut.

Pembacaan teks Pancasila dipandu oleh Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat. Kemudian ditirukan secara bersama-sama oleh puluhan ribu peserta. Mereka pun kompak dan pembacaan teks Pancasila, setiap sila dibacakan dan suara para peserta menggema dari berbagai penjuru di lokasi alun-alun Kidul, kompleks kantor terpadu Pemkab Boyolali.

Pemecahan rekor MURI tersebut diikuti para pelajar, PNS dan warga masyarakat umum. Bahkan, belasan pelajar asal Papua yang sedang bersekolah di Boyolali juga ikut serta.

Piagam penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat mewakili Bupati Boyolali, Seno Samodro. Hadir pula dalam acara itu, jajaran Forkopimpa Boyolali.


Ketua Panitia, Agus Santoso, mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan pemecahan rekor MURI pembacaan teks Pancasila ini, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme dari warga.

"Juga untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan suku, ras, agama dan antar golongan," ujar Agus.


Dalam pemecahan rekor MURI ini, lanjut dia, targetnya adalah diikuti 25.000 peserta. Selain pembacaan teks Pancasila, juga digelar senam massal dan penobatan ikon gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Pihak panitia juga menyediakan hadiah doorprize berupa 8 unit sepeda motor dan 81 sepeda gunung.

Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, berharap dengan pemecahan rekor MURI pembacaan teks Pancasila ini, semakin menggelorakan semangat nasionalisme kita bersama. Persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dan semua bersaudara, masyarakat Indonesia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com