detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 20:59 WIB

Putri Sultan HB X, GKR Hayu Lahirkan Putra Pertama

Usman Hadi - detikNews
Putri Sultan HB X, GKR Hayu Lahirkan Putra Pertama Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - GKR Hayu melahirkan putra pertamanya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta, Minggu (18/8) lalu. Cucu keenam Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X itu diberi nama Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro.

Kawedanan Hageng Paniterapura Penghageng Keraton Yogyakarta, GKR Condrokirono, mengatakan kini kondisi GKR Hayu dan sang bayi dalam keadaan sehat. Keduanya sudah berada di kediaman pribadi di Kompleks Keraton Kilen Yogyakarta.

"Saat ini kondisi ibu dan bayi sehat dan telah berada di kediaman pribadi keluarga Sri Sultan di Keraton Kilen," kata Condrokirono dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (23/8/2019).

Proses kelahiran putra pertama GKR Hayu, kata Condrokirono, berlangsung normal dan lancar. Proses persalinannya berlangsung kurang lebih lima jam dengan didampingi langsung oleh sang suami KPH Notonegoro beserta kakak sulungnya, GKR Mangkubumi.

"KPH Notonegoro beserta GKR Mangkubumi di dalam ruang kelahiran. Sementara anggota keluarga Sultan lainya, GKR Condrokirono dan GKR Bendoro menunggu di ruang tunggu kelahiran," tuturnya.

Baik GKR Hayu maupun KPH Notonegoro, lanjut Condrokirono, mengucapkan terima kasih kasih kepada pihak RSUP Dr Sardjito, kerabat, kolega, dan masyarakat yang telah mendoakan dirinya saat menjalani proses kelahiran putra pertamanya.

"Harapan dari kedua orang tua semoga Raden Mas Suryo (Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro) tumbuh sehat berguna bagi nusa bangsa dan negara," pungkas Condrokirono.



(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com