detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 17:04 WIB

Kebakaran di Gunung Brojo Wonogiri Padam, Warga Waspadai Titik Api Baru

Aris Arianto - detikNews
Kebakaran di Gunung Brojo Wonogiri Padam, Warga Waspadai Titik Api Baru Kebakaran hutan di Gunung Brojo Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Kebakaran yang melanda kawasan hutan Gunung Brojo Kecamatan Purwantoro, Wonogiri telah padam. Namun, warga mewaspadai munculnya titik api baru.

"Titik api di kawasan hutan Gunung Brojo di Dusun Wotglinggang Desa Joho Kecamatan Purwantoro terlihat sekitar pukul 09.30 WIB. Saat ini sudah padam tapi tetap warga sekitar waspadai terhadap munculnya titik api baru," ungkap Danramil Purwantoro Kapten Kav Subagyo kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat (23/8/2019).

Dia menerangkan, setelah melihat adanya titik api tadi pagi, warga melapor ke perangkat desa setempat. Laporan diteruskan ke Forkopimcam Purwantoro dan petugas Perhutani mengingat hutan yang terbakar berada di kawasan hutan negara.

"Setelah mendapat laporan warga, tim beranggota puluhan orang dari piket Koramil, Polsek, petugas Perhutani serta masyarakat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," terang Subagyo.


Tim juga membuat isolasi agar api tidak merembet ke permukiman. Setelah sekitar enam jam berjibaku, tim berhasil memadamkan api. Kawasan yang terbakar sekitar 1 hektare.

"Namun ini warga tetap waspada apabila api timbul kembali. Mengingat tiupan angin yang kencang," ujar dia.


Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto menambahkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Sementara lahan yang terbakar berupa pepohonan yang masih kecil dan muda.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com