detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 15:18 WIB

Wali Kota Desak Polisi Usut Vandalisme Berbau Provokasi di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Wali Kota Desak Polisi Usut Vandalisme Berbau Provokasi di Solo FX Hadi Rudyatmo -- Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menjamin kenyamanan masyarakat Papua yang tinggal di wilayahnya. Rudy juga mendesak polisi mengusut vandalisme yang berbau provokasi soal Papua di Solo.

"Tidak ada warga Solo yang mendiskreditkan saudara-saudara Papua. Saya jamin masyarakat Papua, baik mahasiswa atau siapapun yang tinggal di sini aman dan nyaman," kata Rudy di Solo, Jumat (23/8/2019).

Terkait vandalisme provokatif soal Papua yang ditemukan di beberapa lokasi, Rudy meminta kepolisian segera mengusutnya. Dia mengimbau agar masyarakat Solo ikut menenangkan suasana panas yang terkait Papua.

"Solo tetap harus kondusif, aman. Jika ada yang ingin memecah belah harus kita hadapi bersama," ujarnya.


Sementara Kapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, mengatakan tengah mengusut kasus vandalisme tersebut. Sudah ada tiga titik yang ditemukan tulisan berbau provokatif soal Papua, antara lain di Jalan Juanda, Jalan Sutomo.

"Kami tengah mengusut kasus tersebut. Semoga pelakunya segera tertangkap," kata Andy.

Andy menduga pelaku bukanlah dari masyarakat Papua. Pihaknya juga telah menemui masyarakat Papua di Solo dan menjamin keamanan mereka.


"Kami telah menemui masyarakat Papua, justru mereka tidak nyaman dengan adanya vandalisme tersebut. Kami imbau agar semua masyarakat bersama-sama menjaga ketenteraman Kota Solo," tutupnya.




Simak juga video Jejak Vandalisme Sekelompok Remaja di Bandung:

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com