detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 13:16 WIB

Viral Namanya Masuk Kabinet Jadi Mendagri, Ini Kata Ganjar Pranowo

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Viral Namanya Masuk Kabinet Jadi Mendagri, Ini Kata Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Sebuah foto lembaran kertas bertuliskan nama-nama menteri kabinet Jokowi beredar di grup percakapan. Salah satunya menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Menteri Dalam Negeri.

Ganjar menilai urusan menteri itu urusan Presiden. Dia memilih berfokus sebagai Gubernur Jateng.

"Heleh, wong selebaran, wong Mendagri kuwi urusane (urusan) Pak Presiden. Wis, aku arep ngurusi Jawa Tengah (sudahlah, saya akan mengurus Jawa Tengah). Ki lho PR-e jik akeh banget (Ini lho PR-nya masih banyak sekali)," kata Ganjar di kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu (21/8/2019).


Politikus PDIP itu menegaskan masih banyak tugas yang harus dibereskan, sehingga kursi menteri biar diduduki orang-orang yang lebih berpengalaman.

"Saya ngrampungi (menyelesaikan) di sini saja, biar nanti yang di sana diisi oleh orang-orang yang berpengalaman, orang-orang yang hebat. Nah, kami nanti menerjemahkan di level provinsi sehingga nanti Pak Presiden, Pak Jokowi, punya kaki-kaki yang kuat untuk mengeksekusi pekerjaan di daerah, gitu," jelasnya.

Bagaimana kalau ternyata Ganjar tetap ditugasi sebagai menteri?


"Ditugasi apa? Di sini saja belum rampung kok, gitu," jawab Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani mengatakan tidak masalah jika ada kepala daerah yang nantinya ditunjuk sebagai menteri.


"Banyak PDIP punya kepala daerah yang punya potensi hebat-hebat, namun kan kita juga harus lihat kebutuhannya. Apakah perlu untuk kita masukkan ke nasional atau mereka masih punya kewajiban dan tanggung jawabnya di masing-masing kan. Ada yang baru dilantik pilkada lalu masa langsung pindah. Tapi kalau dibutuhkan untuk masuk ke nasional, saya kira tidak jadi masalah," jelas Puan di Undip, Semarang, hari Minggu (18/8) lalu.



Komposisi Kabinet Jokowi: 55% Profesional, 45% Parpol:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com