detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 15:16 WIB

Sesalkan Kekerasan di Jatim, Warga Papua di Yogya Gelar Aksi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sesalkan Kekerasan di Jatim, Warga Papua di Yogya Gelar Aksi Aksi damai di Titik Nol Yogyakarta (Pradito Rida Pertana/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Yogyakarta - Massa yang tergabung dalam Persatuan Rakyat untuk Pembebasan Papua Barat (PRPPB) melakukan aksi damai di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Mereka menuntut agar rasisme terhadap warga Papua di perantauan segera diakhiri dan tidak terjadi lagi.

Pantauan detikcom, ratusan warga Papua memadati Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Selain itu, tampak beberapa peserta tengah membentangkan kertas berisi beragam pesan, di antaranya 'stop hoax tentang isu West Papua'.

Salah seorang peserta aksi, Rico Tude, menjelaskan aksi kali ini sebagai respons menyikapi kejadian yang terjadi di Malang dan Surabaya. Dalam kejadian di dua kota di Jatim tersebut, warga Papua mendapat perlakuan buruk, bahkan menjadi korban rasisme.

"Yang terjadi di Malang dan Surabaya itu bukan hal yang baru, sebelum-sebelumnya sudah terjadi tapi tidak ter-cover media. Tapi kejadian kemarin memicu kemarahan publik, terutama masyarakat Papua," katanya di sela-sela aksi damai PRPPB di Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta, Selasa (20/8/2019).


Aksi damai di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Aksi damai di Titik Nol Kilometer Yogyakarta (Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Karena mereka (oknum) melontarkan ujaran kebencian, kata-kata rasis, seperti monyet, binatang, anjing. Hal itu membuat harga diri dan kemanusiaan mereka (warga Papua di Malang dan Surabaya) dilecehkan aparatur negara," imbuh Rico.

Hingga pukul 14.35 WIB, aksi damai tersebut masih berlangsung di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.



Pascarusuh, Warga Bersama TNI Bersihkan Kota Manokwari:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/mbr)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com