detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 15:08 WIB

Tak Ditemukan Lagi Titik Api, Kebakaran di Merapi Dinyatakan Padam

Eko Susanto - detikNews
Tak Ditemukan Lagi Titik Api, Kebakaran di Merapi Dinyatakan Padam Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Sleman-Magelang TNGM, Wiryawan. -- Foto: Eko Susanto/detikcom
Kabupaten Magelang -

Titik api yang dilaporkan muncul di lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang dinyatakan padam. Personel gabungan tidak menemukan adanya titik api yang tersisa atau susulan.

"Mulai tadi malam jam 23.15 sudah tidak terpantau titik api. Kemudian anggota kami dan juga masyarakat sekitar standby disini (Jurang Jero) untuk memastikan kondisi tersebut," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Sleman-Magelang, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Wiryawan saat ditemui di Jurang Jero, Srumbung, Kabupaten Magelang, Senin (19/8/2019).

Wiryawan menyebut untuk hari ini hampir 500 orang dari unsur relawan, TNGM, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat menuju Grid 87 C dan 87 D yang dilaporkan muncul titik api pada tadi malam. Bahkan personel gabungan juga memakai drone untuk membantu memastikan kondisi visual dari atas mengingat lokasi relatif sulit dijangkau dengan jalan darat.
"Dibantu pakai drone dari BPBD juga tidak terpantau. Sejauh ini dinyatakan padam, tapi petugas masih siaga di lapangan," tuturnya.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antoro menambahkan, setelah melangsungkan apel pagi dan bersama-sama mengecek di lokasi, personel gabungan memang tidak menemukan sisa titik api.

"Setelah kita sampai di sasaran alhamdulillah itu sudah padam. Termasuk kita diperkuat dengan visual drone dari BPBD tidak ditemukan adanya titik api," kata Kukuh.
"Oleh karena itu, tindakan kita bersama semua instansi, semua stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Magelang nanti kita akan melaksanakan kegiatan lanjutan. Pertama membuat posko darurat untuk kebakaran di Jurang Jero ini, termasuk juga kita berencana untuk apel tanggap darurat tentang kebakaran yang direncanakan pada hari Kamis," sambungnya.



Karhutla Tiap Tahun, Moeldoko: Memang Tak Mudah:

[Gambas:Video 20detik]


(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com