detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 10:54 WIB

500 Personel Gabungan Dikerahkan ke Lokasi Kebakaran Lereng Merapi

Eko Susanto - detikNews
500 Personel Gabungan Dikerahkan ke Lokasi Kebakaran Lereng Merapi Gunung Merapi dari Tugu Soeharto, Jurang Jero (Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang - Sekitar 500 personel relawan, TNGM, Polri, dan TNI dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di lereng Gunung Merapi. Upaya pemadaman kebakaran dilakukan secara manual.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, pada pukul 08.00 WIB, dilaksanakan apel di Jurang Jero untuk koordinasi penanganan kebakaran hutan. Adapun yang terlibat dalam operasi ini adalah TNGM, TNI, Polri, BPBD, PMH l, pemdes, relawan, dan masyarakat.

"Tadi dilakukan apel di Jurang Jero untuk penanganan kebakaran hutan. Total personel yang terlibat sekitar 500 orang," kata Edy, dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (19/8/2019).

Pemadaman akan dilakukan di dua titik, yakni Petak 8D dan Petak F.87.


"Pada pukul 08.07 WIB, tim gabungan berangkat menuju dua titik lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan detikcom di Jurang Jero, Srumbung, Kabupaten Magelang, pagi ini telah dibuka Pos Lapangan Penanganan Kebakaran Hutan. Pos tersebut telah mendata personel yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini.



Petaka Asap, Mencari Dalang pada Bencana Berulang:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com