detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 17:39 WIB

Bak Suporter Bola, Maba UNS Bentuk Konfigurasi Kampanye Anti-Plastik

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bak Suporter Bola, Maba UNS Bentuk Konfigurasi Kampanye Anti-Plastik Mahasiswa baru UNS membentuk konfigurasi logo organisasi lingkungan PBB, UNEP. Foto: Dok UNS
Solo - Mahasiswa baru (maba) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengampanyekan pengurangan plastik dengan cara unik. Layaknya suporter sepak bola, mereka menyampaikan pesan dengan membentuk konfigurasi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Minggu (18/8/2019). Terdapat 21 formasi dengan 30 transisi dalam konfigurasi yang dibentuk ribuan mahasiswa itu.

Formasi yang dibentuk, antara lain logo UNS dan simbol pewayangan. Selain itu, mereka membentuk logo organisasi lingkungan PBB, United Nations Enviroment Programme (UNEP).

"Kami mendukung program UNEP tentang pengurangan plastik. Dari BEM kami juga memiliki program zero waste less plastic," kata anggota Tim Event PKKMB UNS 2019, Asham.


Menurutnya, perlengkapan yang digunakan dalam konfigurasi itu pun ramah lingkungan. Mereka tidak menggunakan bahan plastik, melainkan tote bag atau tas jinjing.

"Pengurangan sampah plastik ini harus disuarakan, karena limbah plastik saat ini sudah mencemari lingkungan. Kami ingin menjadi role model dengan membuat konfigurasi tanpa bahan plastik dan kertas," katanya.

Selain itu, selama PKKMB mahasiswa baru juga diwajibkan membawa tempat minum sendiri. Di kampus, mereka bisa mengisi ulang air di kran-kran air minum di masing-masing fakultas.


Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho, menyampaikan kepada mahasiswa baru agar menyongsong bonus demografi dengan karya-karya positif.

"Adanya tantangan bonus demografi mengharuskan kita mengelola SDM sebaik-baiknya. Mari kita tinggalkan pemikiran-pemikiran sempit, radikal, pemikiran yang selalu merasa dirinya paling benar dan bertentangan dengan Pancasila," ujarnya.
(bai/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +