detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 20:34 WIB

1.000 Meter Kain Merah Putih Membentang di Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
1.000 Meter Kain Merah Putih  Membentang di Pekalongan Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke 74. Demikian juga di sebuah jalan Kampung Tokyo yang berada di Pekajangan Gang 23, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Jalan di Gang 23 Pekajangan sepanjang 1.000 meter ini, beratapkan kain merah putih tanpa putus.

Pemasangan kain itu sendiri memerlukan waktu sepekan lebih, yang dikerjakan warga pada sore hingga malam hari. Setiap hari warga bersama-sama memasang bendera itu mengelilingi jalanan kampung.

Kain berwarna merah dan putih dengan lebar 1,5 meter, panjang 1.000 meter, membentang di atas jalan tersebut. Warga maupun pengguna jalan yang melintas jalan di kampung itu akan persis berada di bawah kain merah putih.
1.000 Meter Bendera Merah Putih  Membentangkan di PekalonganFoto: Robby Bernardi/detikcom

Saat detikcom mendatangi kampung tersebut pada Kamis Sore (15/08), pembentangan kain erah putih belum juga selesai. Tua-muda, bahkan anak-anak turut membantu dalam membentangkan kain merah putih tersebut.

"Ini tahun ke tiga kalinya kami membentangkan kain ini untuk memeriahkan HUT RI," kata tokoh pemuda warga Kampung Tokyo, Ahmad Rizqi Khumaidi

Dijelaskannya dengan membentangkan kain merah putih di sepanjang jalan itu, pengguna jaan yang melintas akan senantiasa mengingat kepada perjuangan para pahlawan.

"Siapapun yag berjalan dibawah bentangan kain merah putih akan teringat kita merdeka karena jasa para pahlawan, harapannya seperti itu," katanya.

Selain bendera, rencananya warga di Kampung Tokyo ini juga akan memasang gambar-gambar pahlawan dan gambar proklamator Soekarno-Hatta.

"Ya kita ajak pengguna jalan untuk mengingat kembali perjalanan panjang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan," tambahnya.
1.000 Meter Bendera Merah Putih  Membentangkan di PekalonganFoto: Robby Bernardi/detikcom

Kesibukan tidak saja tampak pada para pemuda setempat. Anak-anak ikut andil dalam bergotong royong membantu merapikan kain merah putih untuk dipasang di atas jalan.

"Ya senang kita sambil nyanyi-nyanyi tujuh belas agustus (lagu Hari Merdeka) membantu membentangkan ini," kata Muhammad Rifki (11) .

Rifki bersama anak-anak lainnya bertugas membentangkan kain merah putih sebelum diangkat naik di atas jalanan kampung.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed