detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:57 WIB

Kebakaran Gunung Sumbing, Pengelola Pastikan Semua Pendaki Telah Turun

Uje Hartono - detikNews
Kebakaran Gunung Sumbing, Pengelola Pastikan Semua Pendaki Telah Turun Penampakan kebakaran lereng Gunung Sumbing dari Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Rabu (14/8/2019). Foto: Eko Susanto/detikcom
Wonosobo - Jalur pendakian Gunung Sumbing ditutup karena kebakaran hutan pada Senin (12/8). Pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing memastikan semua pendaki telah turun.

"Semua pendaki sudah diturunkan pada Minggu (11/8) malam sampai Senin (12/8) pagi. Jadi setelah mengetahui ada kebaran di Gunung Sumbing, pihak pengelola basecamp menjemput pendaki untuk turun," kata Iwan Fauzi, pengelola base camp pendakian Gunung Sumbing jalur Garung, Wonosobo saat dihubungi detikcom, Rabu (14/8/2019).

Penjemputan pendaki Gunung Sumbing juga dilakukan di jalur-jalur lainnya. Sampai saat ini, pendakian Gunung Sumbing ditutup sementara akibat terjadinya kebakaran.


"Tidak ada aktivitas pendakian di Gunung Sumbing sejak tanggal 11 Agustus 2019. Karena untuk sementara, pendakian ditutup untuk umum," jelasnya.

Penutupan jalur pendakian ini dilakukan untuk keselamatan para pendaki. Adapun batas waktunya, pihak pengelola basecamp masih menunggu perkembangan lereng Gunung Sumbing setelah terjadi kebakaran.


"Dibukanya lagi kapan, kami masih menunggu perkembangan lereng gunung yang terbakar. Jadi untuk kepastiannya dibuka lagi kapan masih belum diketahui," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +