detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:12 WIB

Tentang Kakak Iriana Jokowi yang Dirotasi Akibat Sistem Zonasi Guru

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Tentang Kakak Iriana Jokowi yang Dirotasi Akibat Sistem Zonasi Guru Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Etty Retnowati (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan kakak Iriana Jokowi, Haryanto, juga terkena rotasi guru berdasarkan zonasi. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Etty Retnowati.

Menurutnya, pria yang disapa Anto itu sudah terkena rotasi guru sejak 2015. Kota Solo memang telah menerapkan sistem zonasi kepada siswa dan guru SD-SMP sejak 2015.

"Betul, Pak Haryanto dirotasi pada 2015. Sebelumnya, beliau guru olahraga di SMPN 19, kemudian saat ini mengajar di SMPN 10," kata Etty saat dihubungi detikcom, Rabu (14/8/2019).


Etty mengatakan Anto terkena rotasi karena sudah 30 tahun mengajar di SMPN 19 Surakarta. Rotasi periode pertama itu menyasar semua guru yang mengajar di satu sekolah selama lebih dari 20 tahun.

"Pada (rotasi) pertama kali itu guru yang mengajar di atas 20 tahun, kemudian kedua kita rotasi lagi yang 15 tahun. Kalau Pak Haryanto itu di SMPN 19 sudah 30 tahun," ujar dia.


Adapun tujuan rotasi guru yang dilakukan Dinas Pendidikan ialah agar guru memiliki pengalaman yang lebih luas. Selain itu, rotasi akan semakin mendekatkan dengan tempat tinggal.

"Salah satunya tidak ada senioritas, bisa menambah wawasan guru. Jadi tidak dari awal sampai pensiun di satu sekolah saja. Diharapkan bisa menularkan virus positif, juga menambah rekan baru," pungkasnya.



Pengumuman! Mendikbud Akan Rekrut 148 Ribu Guru PNS di 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed