detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 10:45 WIB

Kebakaran Lereng Gunung Sumbing, 70 Relawan Diberangkatkan ke Titik Api

Eko Susanto - detikNews
Kebakaran Lereng Gunung Sumbing, 70 Relawan Diberangkatkan ke Titik Api Asap kebakaran lereng Gunung Sumbing dilihat dari Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Rabu (14/8/2019). (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Pemadaman kebakaran di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, dilanjutkan pagi ini. Sebanyak 70 relawan dibagi dalam dua tim telah diberangkatkan ke lokasi titik api.

Berdasarkan pantauan detikcom dari base camp Sumbing via Adipura, Kecamatan Kaliangkrik, sejumlah relawan telah diberangkatkan ke lokasi titik api pagi tadi. Tim pertama, yang terdiri atas 20 orang, diberangkatkan pukul 07.00 WIB. Kemudian tim kedua sebanyak 50 orang berangkat pada sekitar pukul 08.30 WIB.

Asper Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Magelang, KPH Kedu Utara, Yudi Noviar menjelaskan lokasi kebakaran berada di Petak 2A-13, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

"Pemadaman dilanjutkan hari ini. Pemadaman dilakukan secara manual," kata Yudi kepada wartawan di Pos Lapangan Penanganan Karhutla Kabupaten Magelang di base camp Adipura, Rabu (14/8/2019).


Yudi menjelaskan lokasi titik api masih jauh dari permukiman warga.

Base camp Sumbing via Adipura, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. (Eko Susanto/detikcom)

"Harapan kita, hari ini api padam," katanya.


Titik api tersebut terdeteksi muncul pada Senin (12/8) sore. Wakil Administratur KPH Kedu Utara Bagas Avianto menyatakan hingga petang kemarin luas lahan yang terbakar mencapai 43 hektare.

"Kondisi yang terbakar Petak 2A-7, luas 38,80 hektare (terbakar habis) dan merembet ke Petak 2A-13 masuk Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Luas yang terbakar 5 hektare," kata Bagas dalam pesan singkatnya, Selasa (13/8).
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed