Masjid Agung Surakarta Terima Sapi dari Jokowi Seberat 1,4 Ton

Masjid Agung Surakarta Terima Sapi dari Jokowi Seberat 1,4 Ton

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 19:43 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Dua ekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo telah tiba di Solo. Masing-masing diserahkan kepada takmir Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran.

Kedua sapi dibeli Jokowi dari peternakan Lembu Suro di Nogosari, Kabupaten Boyolali. Sapi diantar oleh pemilik peternakan menggunakan sebuah truk.

Sapi pertama diantar ke Masjid Agung Surakarta sekitar pukul 18.00 WIB. Penurunan sapi dari truk membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Sapi kemudian ditambatkan di sisi selatan masjid kemudian diberi makan rumput. Setelah diterima takmir masjid, giliran sapi kedua diantar ke Masjid Al-Wustho.

"Sapi untuk Masjid Agung beratnya 1,4 ton. Sedangkan sapi untuk Masjid Al-Wustho beratnya 1,1 ton," kata pemilik Lembu Suro, Andi Saputro, Sabtu (10/8/2019).
Takmir Masjid Agung Surakarta menerima sapi kurban Presiden Joko WidodoTakmir Masjid Agung Surakarta menerima sapi kurban Presiden Joko Widodo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Andi mengatakan sapi berbobot 1,4 ton dibeli Jokowi dengan harga Rp 100 juta. Sedangkan sapi berbobot 1,1 ton dihargai Rp 71 juta.

"Pak Jokowi beli sapi saya sejak sebulan yang lalu melalui utusannya. Ada juga dari MUI yang mengecek sudah memenuhi syarat apa belum," katanya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom mengatakan sapi akan disembelih besok pagi. Daging sapi akan dibagikan kepada masyarakat di wilayah Solo dan sekitarnya.

"Besok pagi akan kita awali dengan salat Idul Adha, kemudian ada serah terima sapi presiden dari Pemkot Surakarta. Setelah itu baru disembelih," ujarnya.




Byur! Diduga Kaget, Sapi Kurban di Semarang Nyemplung ke Kali:

[Gambas:Video 20detik]

(bai/bgk)