detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 09:16 WIB

Ada Viral Pemadaman Seluruh Jateng Hari Ini, PLN: Tidak Benar!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ada Viral Pemadaman Seluruh Jateng Hari Ini, PLN: Tidak Benar! Ilustrasi (Foto: dok. iStock)
FOKUS BERITA: Listrik Padam Massal
Semarang - Sebuah pesan berantai lewat aplikasi percakapan menyebutkan seluruh wilayah Jawa Tengah akan dilakukan pemadaman listrik hari ini. PLN langsung mengklarifikasi dan menegaskan informasi tersebut tidak benar.

Pesan yang beredar sejak kemarin itu berbunyi "Besok Rabu 7 Agustus pagi jam 9 sampai jam 16 pemadaman listrik secara menyeluruh wilayah Jateng supaya persiapan tandon air dulu untuk kebutuhan sehari". Pesan itu diikuti link pemberitahuan pemeliharaan jaringan listrik di Semarang Tengah.


PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY langsung melakukan klarifikasi lewat akun berbagai media sosial miliknya dan menyebut informasi tersebut salah. Klarifikasi tersebut berbunyi:

"Bersama ini kami sampaikan bahwa sistem kelistrikan di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dalam kondisi normal. PLN di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta terus berupaya memantau dan mengendalikan pasokan listrik di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta untuk memastikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Perlu kami sampaikan bahwa issue pemadaman serempak pada tanggal 7 Agustus 2019 pukul 09.00 - 16.00 yang saat ini beredar di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta adalah tidak benar, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. PLN tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat".


Dari informasi yang diperoleh, rencana pemadaman di Semarang Tengah dalam link yang disertakan merupakan pemeliharaan rutin biasa. Kabar yang dipelintir itu memang membuat kaget setelah adanya blackout Jakarta pada hari Minggu lalu.


Ini Lokasi dan Peristiwa yang Diduga Sumber Blackout Separuh Jawa:

[Gambas:Video 20detik]




(alg/mbr)
FOKUS BERITA: Listrik Padam Massal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com