detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 14:48 WIB

Lokasi Land Rover Terguling di Underpass Kentungan Sudah Dibuka

Ristu Hanafi - detikNews
Lokasi Land Rover Terguling di Underpass Kentungan Sudah Dibuka Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Jalan jalur lambat di lokasi proyek underpass Kentungan, Sleman kembali dibuka setelah peristiwa mobil Land Rover berpelat Australia dan truk terguling di lubang galian. Namun kendaraan yang dibolehkan melintas dibatasi.

"Sudah dibuka dari tadi malam. Secara struktural (proyek) tidak ada (yang rusak), hanya aspal melupas karena tanah ambrol, itu kita perbaiki," kata Kepala Divisi Operasi 1 PT Istaka Karya (Persero), Wirawan kepada wartawan di lokasi proyek underpass Kentungan, Rabu (24/7/2019).

Dari hasi evaluasi, jalan jalur lambat di sisi kanan-kiri galian underpass tidak boleh ditutup total. Pihak kontraktor pun memutuskan tetap membuka dengan mempersempit lebar jalan.

"Evaluasinya jalan ini tidak boleh ditutup maka yang kita lakukan kemarin jalannya dipersempit. Kita persempit yang tadinya bisa dilewati dua lajur, kita persempit dengan satu lajur. Dengan harapan kendaraan besar tidak bisa lewat lagi," jelasnya.

Evaluasi kedua, untuk sementara ini agar tidak terjadi longsoran lagi maka lokasi kejadian kemarin di sisi utara galian underpass langsung ditimbun tanah.

"Kita amankan dengan timbunan, kita perkeras lagi. Sehingga kejadian tidak terulang lagi," ujar Wirawan.

Sementara itu evaluasi ketiga, kontraktor akan membuat portal di ujung jalan sebelum memasuki lokasi proyek underpass.

"Sehingga nanti hanya mobil kecil yang bisa melintas, mobil-mobil besar tidak. Selama ini kan kita sudah kasih rambu kasih larangan masuk, tapi tetap saja ada truk yang mencoba untuk masuk," imbuhnya.



(bgs/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com