detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 14:38 WIB

Rektor Unnes Soal Rencana 'Rektor Impor': Shock Therapy untuk PTN

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rektor Unnes Soal Rencana Rektor Impor: Shock Therapy untuk PTN Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Rektor Asing untuk PTN
Semarang - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman menganggap rencana mendatangkan rektor dari luar negeri sebagai shock therapy. Menurutnya hal itu bisa memicu para rektor lokal meningkatkan standar pendidikan di kampusnya.

"Ini shock therapy bagi perguruan tinggi negeri agar punya daya saing mendunia. Bagi para rektor ini jadi ada sebuah tantangan," kata Fathur di Unnes, Rabu (24/7/2019).

Jika nantinya rencana itu benar diterapkan, lanjut Fathur, maka kemungkinan hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

"Kalau yang belum PTNBH harus urus remunerasi, bisa tidak betah nanti," ujarnya.

"(Misalnya) kalau ada satu (kampus) saja misalkan UI (menerima rektor impor), itu luar biasa. Akan mendongkrak, kita belajar dari sana," pungkas Fathur.


Diberitakan sebelumnya, Menristekdikti, M Nasir bicara soal rencana mendatangkan rektor dari luar negeri untuk menjadi rektor di Indonesia. Rencana itu pernah diusulkan M Nasir namun mendapat penolakan.

Menristekdikti menyebut dengan adanya rektor dari luar negeri, bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di kampus. Ia mencontohkan beberapa negara yang berhasil menerapkan itu.

"Kita belajar, Singapura maju karena rektor dari luar negeri, Taiwan maju karena rektor dari luar negeri, China maju karena rektor dari luar negeri. Bahkan Arab yang 800 tidak masuk, sekarang rektor dari Amerika 40 persen, Amerika dan Eropa, sekarang masuk 189. Ini jadi tantangan, maka canangkan tahun 2020 bagaimana rektor ada dari perguruan tinggi asing. Akan saya petakan lagi," kata M Nasir, Senin (22/7) lalu.
(alg/sip)
FOKUS BERITA: Rektor Asing untuk PTN
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com