detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 14:28 WIB

Ini Penyebab Dua Kendaraan Terguling di Underpass Kentungan

Ristu Hanafi - detikNews
Ini Penyebab Dua Kendaraan Terguling di Underpass Kentungan Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - PT Istaka Karya (Persero) menyebut penyebab dua kendaraan terguling ke lubang galian proyek underpass Kentungan, Sleman karena tanah ambrol. Hal itu memicu jalan aspal di lapisan atasnya amblas.

"Ya kalau penyebab amblas ya overload, pasti ada beban yang tidak kita duga atau kita perhitungkan melintas di situ," kata Kepala Divisi Operasi 1 Istaka Karya, Wirawan kepada wartawan di lokasi proyek underpass Kentungan, Rabu (24/7/2019).

Istaka Karya, BUMN yang bergerak di bidang konstruksi, merupakan kontraktor dari proyek underpass Kentungan.

"Sekarang ini kita peruntukakan mobil kecil, tapi kan ternyata yang lewat truk. Kemudian muatannya kayu penuh, itu kan lebih berat daripada mobil kendaraan biasa," jelas Wirawan menyebutkan aturan rekayasa lalu lintas jalur lambat di sisi kanan-kiri galian underpass.

Jalan yang ambles sepanjang 17 meter. Sedangkan galian sedalam 3 meter.

"Retaining wall, dinding penahan tanah. Ini sebenarnya lokasinya bukan di mainbox-nya underpass, jadi pas posisi di ram itu. Ram itu harus ada dinding penahan tanahnya, itu yang sedang kerjakan dinding penahan tanahnya," terangnya soal lubang galian di lokasi kejadian.

Diketahui, kendaraan yang terguling di lubang galian underpass Kentungan adalah truk muatan kayu dan mobil Land Rover berpelat negara Australia. Peristiwa tersebut terjadi Selasa (23/7) sekitar pukul 10.30.

Truk nopol H 1427 UI dikemudikan oleh Ahmad Mujahidin (33), lebih dulu terguling ke lubang galian proyek. Kemudian baru mobil Land Rover dikendarai oleh Rule Michael John (45) bersama istri dan anaknya, Margie (33) dan Sebastian (1,5). Mereka dalam perjalanan tour Australia-Inggris.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com