detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 22:29 WIB

Mobil-Truk Terguling di Underpass, Ini Kata Pelaksana Proyek

Ristu Hanafi - detikNews
Mobil-Truk Terguling di Underpass, Ini Kata Pelaksana Proyek Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Satu unit truk muatan kayu dan sebuah mobil berpelat nomor negara Australia terguling di lokasi proyek underpass Kentungan, Sleman. Pihak pelaksana proyek buka suara.

"Apa yang terjadi sudah ditangani kepolisian, nanti pihak kepolisian yang menjelaskan lebih detail," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Kentungan Satker PJN DIY Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sidik Hidayat, Selasa (23/7/2019) sore.

Saat peristiwa terjadi sekitar pukul 10.30 tadi, Sidik mengaku pekerja proyek tengah menggali lubang untuk pondasi. Sejauh ini dia belum mengetahui persis kenapa dua kendaraan bisa terguling ke dalam lubang galian.

"Mungkin untuk penyebab segala macam, pihak kepolisian yang menjelaskan. Saat peristiwa berlangsung kita sedang pekerjaan rutin, ya kita ada galian-galian dan pembersihan sedikit," sebutnya.

Sidik menjelaskan, di sekitar lokasi proyek sebetulnya telah dipasang rambu lalu lintas yang cukup. Terutama larangan bagi truk dan kendaraan besar melintas jalan di samping lokasi penggalian.

"Kendaraan truk, dari rambu yang sudah ada sebetulnya sudah dilarang. Intinya gitu, SOP pasti ada petugas yang mengalihkan jalan," ujarnya.

Sementara itu akibat dari tergulingnya dua kendaraan ini, Sidik mengatakan ada kerusakan pada lapisan aspal dan pondasi proyek. Pihaknya pun akan secepatnya melakukan perbaikan.

"Yang sudah terlihat kerusakan seperti apa, ada lapisan aspal, lapisan pondasi. Kami usahakan proyek segera dijalankan lagi, kami usahakan secepatnya dibuka," terangnya.

"Kami evaluasi apapun itu, kalau segi rekayasa lalu lintas nanti dari kepolisian," sambung Sidik.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed