detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 19:14 WIB

8.195 Calon Maba Berebut 844 Kursi di Jalur Mandiri UIN Yogya

Usman Hadi - detikNews
8.195 Calon Maba Berebut 844 Kursi di Jalur Mandiri UIN Yogya Foto: Istimewa/detikcom
Yogyakarta - Sebanyak 8.195 calon mahasiswa baru (maba) mengikuti ujian tulis jalur mandiri berbasis paper based test (PBT) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hari ini. Mereka memperebutkan 844 kursi yang tersedia di jalur tersebut.

Ujian tulis jalur mandiri berbasis PBT ini merupakan jalur masuk terakhir yang bisa diakses calon maba UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ujian digelar di semua ruang kelas UIN Yogyakarta dan sebagian di komplek UNY.

Berdasarkan catatan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, jumlah pendaftar ujian tulis jalur mandiri berbasis PBT tahun ini naik 1.847 peserta. Artinya, hanya ada 6.348 peserta yang mendaftar lewat jalur mandiri di tahun 2018 lalu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sutrisno, menjelaskan naiknya jumlah pendaftar di jalur mandiri menandakan calon maba sudah mengetahui kualitas UIN Yogya.

"Apalagi sekarang ini UIN Sunan Kalijaga sudah terakreditasi A secara institusi dengan nilai 372, dan lebih dari sebagian prodi terakreditasi A oleh BAN-PT," kata Sutrisno dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/7/2019).

"Dan juga ada beberapa prodi terakreditasi tingkat internasional melalui AUN-QA. Itu beberapa pertimbangan kenapa masa depan mahasiswa harus disiapkan sejak awal mereka masuk perguruan tinggi," sambungnya.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Aulia Faqih Rifa'i, menerangkan kuota jalur mandiri di UIN Yogya masih bisa bertambah. Hal itu bisa terjadi apabila ada calon maba pada jalur masuk sebelumnya tidak registrasi ulang.

"Untuk pengumuman ujian mandiri akan ditayangkan pada link https://uin-suka.ac.id/ tanggal 30 Juli 2019," pungkas Aulia.

(ush/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com