detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 15:47 WIB

Pasutri Berlaga di Pilkades, Doorprize Motor hingga Kambing Disiapkan

Arbi Anugrah - detikNews
Pasutri Berlaga di Pilkades, Doorprize Motor hingga Kambing Disiapkan Kambing-kambing yang jadi doorprize Pilkades Banteran, Banyumas. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas - Berbagai upaya dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mau memberikan hak suaranya dalam Pilkades serentak di Kabupaten Banyumas. Sepeda motor hingga kambing diberikan sebagai doorprize kepada masyarakat yang telah memilih.

"Ada satu buah sepeda motor yang berasal dari donatur, dan kurang lebih ada sembilan kambing yang dijadikan doorprize, kambing itu murah dan terjangkau. Selain itu ada juga dua sepeda santai," ujar Narimo Abin, Anggota Forum Masyarakat Desa Banteran, Kecamatan Sumbang, kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Menurut dia, pemberian doorprize tersebut adalah bentuk inisiatif dari para pemuda di Desa Banteran, Kecamatan Sumbang agar menambah kemeriahan dan atusiasme para warganya. Menurutnya, pihak calon Kepala Desa sendiri tidak mengetahui rencana tersebut.


"Doorprize itu sendiri diberikan para donatur secara cuma-cuma. Warga diberikan karcis undian, dan akan diundi selepas mencoblos," ungkapnya.

Dia mengatakan jika di desa tersebut hanya ada dua calon kades yang merupakan pasangan suami-istri. Maka dari itu, panitia Pilkades perlu membuat sebuah kegiatan yang dapat memicu warganya agar ikut berpartisipasi dalam Pilkades serentak kali ini.

Pasutri Berlaga di Pilkades, Doorprize Motor hingga Kambing DisiapkanPilkades Banteran di Banyumas. Foto: Arbi Anugrah/detikcom


"Sebetulnya motivasi utamanya sebagai penyemangat agar ramai dan pada datang kelapangan untuk memilih," ujarnya.

Di Desa Banteran terdapat kurang lebih 6.000 DPT dengan calon kades petahana yakni Eddi Suheddi dengan nomor urut 01. Sedangkan lawan sekaligus istrinya Supriyati dengan nomor urut 02.

Di Kabupaten Banyumas sendiri terdapat 785 orang calon kades dari 257 desa yang melaksanakan gelaran Pilkades. Lima persen calon diantaranya masih memiliki hubungan suami istri ataupun hubungan sedarah.
(arb/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com