detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 12:23 WIB

Sepeda Listrik dan Prototype Becak Listrik Diluncurkan di Malioboro

Ristu Hanafi - detikNews
Sepeda Listrik dan Prototype Becak Listrik Diluncurkan di Malioboro Walkot Yogyakarta jajal prototype becak listrik. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Pemkot Yogyakarta menyiapkan sejumlah fasilitas anyar untuk menunjang konsep semi pedestrian Malioboro. Fasilitas ini diharapkan bisa memanjakan para wisatawan.

"Hari ini ada launching Jogja Bike edisi MTB, juga sepeda listrik dan prototype becak listrik," kata Walikota Yogya, Haryadi Suyuti di kawasan Titik Nol, Jalan Malioboro, Selasa (23/7/2019).

Jogja Bike edisi MTB diluncurkan 10 unit, menambah unit sebelumnya yang berjumlah 275 unit edisi sepeda onthel. Sedangkan sepeda listrik dan becak listrik jumlahnya masih terbatas selama masa uji coba Jalan Malioboro bebas dari kendaraan bermotor.

"Untuk becak listriknya, secara bertahap bentor (becak motor) kita harapkan beralih ke becak listrik yang dikayuh bisa, digas juga bisa. Nanti pengemudi bentor yang akan beralih mekanisme melalui Dinas Perhubungan DIY," jelasnya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti luncurkan sepeda listrik di Malioboro. Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti luncurkan sepeda listrik di Malioboro. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

Selain itu, Haryadi juga meluncurkan dua unit kendaraan pembersih trotoar bertenaga listrik. Kendaraan ini bakal difungsikan untuk membersihkan trotoar Jalan Malioboro.


"Bisa untuk menyapu, siram air, sedot sampah. Nanti UPT Malioboro selaku penanggung jawab, tiap hari standby di Jalan Malioboro," ujar Haryadi.

Komisaris Utama Jogja Bike, Triyanto menambahkan, Jogja Bike edisi MTB ini bisa digunakan wisatawan untuk jarak lebih jauh dibandingkan Jogja Bike edisi sepeda onthel.

Sepeda Listrik dan Prototype Becak Listrik Diluncurkan di MalioboroWali Kota Yogyakarta jajal alat pembersih trotoar energi listrik. Foto: Ristu Hanafi/detikcom


"Untuk menghubungkan destinasi wisata Malioboro ke kampung dan ikon wisata di sekitar Malioboro, sebagai penghubung. Sehingga wisatawan tidak tumplek blek di Malioboro, sehingga kampung dan ikon wisata tersembunyi bisa lebih dikenal," kata Triyanto.

Biaya sewa Jogja Bike edisi sepeda onthel dan MTB sama, yakni Rp 5.000 per jam. Wisatawan bisa menyewa melalui aplikasi. Tiap unit sepeda dipasangi alat GPS sehingga pengelola bisa memantau keberadaan sepeda ketika disewa wisatawan.

"Khusus sepeda onthel dipakai di sekitaran Malioboro, kalau MTB bisa lebih jauh, nanti akan dilengkapi rute," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com